Kompetisi Liga I Musim Depan, PSM Ngandang di Stadion Kalegowa

Kondisi terkini Stadion Mattoangin, berubah menjadi kebun sayur-sayuran. (foto: int)
Kandang baru PSM Makassar – Stadion Kalegowa, terus dibenahi untuk persiapan Markas Tim PSM pada perhelatan kompetisi Liga 1, musim depan.
menitindonesia.com, MAKASSAR – Kondisi stadion Mattoanging yang telah disulap menjadi lahan sayur-sayuran, sudah tak memungkinkan lagi dijadikan markas PSM. Kompetisi Liga I, musim depan, kondisinya tak bisa lagi digunakan untuk pertandingan liga sepak bola. PSM harus mencari kandang baru.
Karena kondisi Mattoangin sudah tak representatif, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mempercepat  pembangunan Stadion Kalegowa dan mempersilahkan PSM Makassar menggunakannya sebagai markas barunya.
Stadion Kalegowa, digenjot pembangunannya untuk persiapan Markas PSM Makassar. (foto: int)
Kini, Pembangunan Stadion Kalegowa sudah memasuki tahap ketiga, yakni pembenahan sejumlah fasilitas dan perawatan lapangan.
Sejumlah kekurangan seperti kapasitas tribun penonton yang masih minim, juga tengah diupayakan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, agar stadion tersebut bisa berpartisipasi diajang Liga 1 nanti.
“Kapasitas stadion saat ini masih minim, hanya ada seribu tempat duduk. Pencahayaan untuk lapangan juga masih belum ada,” ujar Fauzan Munsir, Arstiek Perencanaan Stadion Kalegowa, Selasa (15/09).
“Untuk mengejar kebutuhan kapasitas penonton yang minimal tiga ribu orang mungkin masih bisa. Saya telah mengonsep agar beberapa sisi tirbun bisa dipasangi atap semi permanen dari rangka baja untuk dijadikan konstruksi tribun,” lanjutnya.
Sementara untuk pencahayaan, Fauzan Munsir mengaku harus berfikir keras mengingat area Stadion Kalegowa terbilang sangat sempit sehingga cukup sulit untuk memasang tower di dalam area stadion.
“Kami akan memanfaatkan menara tower yang ada di luar area stadion tapi tetap dalam lingkup lahan Pemerintah Kabupaten Gowa karena memang sudah tidak ada lagi ruang di dalam area stadion,” ujarnya.
Terakhir, Fauzan Munsir juga akan merubah desain Stadion Kalegowa di sejumlah titik yang khusus ditujukan untuk menambah kapasitas lahan parkir bagi para suporter PSM Makassar.
“Tembok sisi utara dan selatan stadion akan dimundurkan sejauh tiga meter guna menambah kapasitas yang sebelumnya hanya mengandalkan di sisi depan stadion saja,” kata Fauzan Munsir.
PSM Makassar membidik Stadion Kalegowa sebagai markas di ajang Liga 1 musim depan akibat tak dapat menggunakan Stadion Andi Mattalatta yang telah memasuki tahap renovasi dalam skala besar. (ade z)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini