Bupati Maros Siap Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Sinovac

Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman bersama Ketua DPRD Maros, menjadi relawan yang pertama disuntik vaksin sinovac di Kabupaten Maros. (Foto: doc_menit)
Vaksin sinovac – Tak lagi meragukan. Bupati dan Ketua DPRD Maros, siap menjadi relawan pertama yang divaksin. “Kami harap pimpinan daerah lebih dahulu divaksin,” kata dr Nurul AR.
menitindonesia, MAROS – Sebanyak 3.000 vaksin sinovac sudah tiba di Maros dan diterima oleh Bupati Maros, Ir HM Hatta Rahman, Senin (11/1/2021).
Ketua tim Vaksin Covid-19 Provinsi Sulsel , dr Nurul AR mengatakan, pengiriman vaksin Covid ini dilakukan di tiga kabupaten/kota, yakni Makassar, Maros dan Gowa.
Hal itu, kata Nurul, merupakan keputusan pemerintah pusat untuk memprioritaskan tiga daerah ini.
Ia juga berharap, Maros bisa menjadi kabupaten percontohan untuk memulai pelaksanaan vaksin.
“Maros menjadi kabupaten pertama yang kami kirimkan hari ini. Rencananya Gowa dan Makassar akan menyusul. Ini tahap awal, Maros dan Gowa merupakan kabupaten penyangga kota Makassar, makanya dianggap perlu cepat dilakukan vaksinasi,” ujar Nurul.
Dia menjelaskan, pelaksanaan vaksin serentak di seluruh Indonesia direncanakan dilaksanakan pada 14 Januari mendatang. Dia berharap seluruh Forkopimda dan unsur pimpinan daerah yang pertama divaksin guna meyakinkan masyarakat bahwa vaksin sinovac tidak membahayakan.
“Kalau Gubernur akan melaksanakan vaksin tanggal 14. Kita berharap kepala daerah di Makassar, Gowa dan Maros juga bisa melaksanakan vaksin di hari yang sama,” kata Nurul.
Sementara itu, Bupati Maros HM Hatta Rahman, yang menerima langsung vaksin Covid-19, mengatakan pihaknya siap untuk divaksin di tahap awal vaksinasi.
Rencananya, HM Hatta Rahman bersama Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir siap disuntik vaksin pertama kali. Sikap Bupati itu, diikuti oleh 10 orang unsur pimpinan dan  Forkopimda kabupaten Maros.
“Jadwalnya  kita akan mengikuti vaksin serentak di tanggal 14 Januari mendatang. 10 unsur pimpinan di Maros, dan selebihnya ada tenaga kesehatan sekitar 15 orang. Selanjutnya nanti dilakukan secara bertahap di instansi mereka sendiri,” kata Hatta, Selasa (12/1/2021).
Untuk Maros, rencana vaksinasi dimulai di Puskesmas Lau, sekaligus menjadi tempat pelaksanaan vaksin pertama kali setelah melakukan  simulasi vaksinasi Covid-19.
PLH Kepala Dinas Kesehatan Maros, dr Syarifuddin, mengatakan pelaksanaan vaksinasi digelar 14 Januari 2021. “
Lebih lanjut, Syarifuddin mengungkapkan rencana vaksinasi hanya berlangsung satu hari. Namun hal tersebut akan berlanjut setiap hari hingga dua bulan lamanya.
“Rencana vaksinasi serentak itu cuma satu hari, tapi akan berlanjut setiap hari selama dua bulan hingga bulan Februari”, ujar Syarifuddin. #adezakaria

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini