Gempa Susulan Sulbar Akibatkan Longsor di Maros

Jalanan putus , Jalan Poros Maros Bone macet total. (Foto Ist).
Longsor di Maros – Getaran Gempa susulan di Sulbar menyebabkan terjadi longsor di jalan poros arah Maros-Bone. Bebatuan berhamburan ke tengah jalan. Macet total pun tak terhindarkan. “Kami akan bersihkan biar bisa atasi macet,” kata Kepala BPBD Maros, Fadli 
menitindonesia, MAROS – Gempa susulan berkekuatan 5,1 Mag yang terjadi di Sulawesi Barat, Jam 06.32 pagi, Sabtu (16/1/2021) dirasakan di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.
Bahkan, dampak gempa berkedalaman 10 kilometer itu, membuat ruas jalan poros Maros-Bone lumpuh total. Longsor yang disebabkan getaran gempa membuat material bebatuan di Pattunuang Asue, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros berjatuhan dan menutupi jalan trans provinsi yang menghubungkan Makassar dengan beberapa daerah di Sulsel.
Akibat longsor ini, menyebabkan kemacetan sepanjang 5 kilometer. seluruh kendaraan yang dari atau menuju Maros-Bone tertahan, menunggu pembersihan material longsor oleh pihak Pemkab Maros.
PPK 3.1 BBPJN Makassar, Leo Laetemia mengatakan informasi itu diterima sekitar pukul 07.45 Wita melalui media online.
Leo memperkirakan ada pergeseran tanah pasca gempa di Sulbar.
“Jadi, ini pengaruhnya akibat gempa. Memang ada beberapa yang kondisinya tidak stabil karena duduk dibatuan kapur. Kita akan pikirkan bagaimana penanganan selanjutnya,” jelas Leo
Setelah menunggu beberapa jam, dua alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Maros diturunkan untuk melakukan pembersihan material longsor.
Upaya pembersihan ini berlangsung lebih dari satu jam, karena petugas harus berhati-hati dengan kemungkinan adanya longsor susulan.
Kepala BPBD Maros, Fadli bilang, saat ini pihaknya sementara melakukan pembersihan batu-batu yang menghalangi dan membuka akses jalan agar bisa dilalui kendaraan.
“Tidak ada korban jiwa. Hanya saja memang terjadi kemacetan panjang akibat longsor ini. Kita berharap arus transportasi bisa berjalan normal kembali setelah pembersihan material di badan jalan sudah dibersihkan,” ujar Fadli. #adezakaria


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini