Denmar, Alkisah Sebuah Negara di Lapangan Sepak Bola

Coach
oleh Syamsuddin Umar (Pengamat Sepak Bola/mantan pelatih PSM)
WALAU hanya sebuah negara kecil dengan penduduk hanya sekitar 6 juta tetapi sepakbolanya cukup hebat bahkan fenomenal. Selalu mendapat keberuntungan dlm perjalananan tim sepakbola nya. Hal ini mengingatkan pada sosok HC. Andersen penulis dongeng kesohor yang selalu memulai ceritanya dengan kata ALKISAH.
Secara kebetulan pula perjalanan tim Denmark nyaris selalu di luar perkiraan sehingga sangat pas dituliskan dengan kata Alkisah.
Alkisah sebagai team pengganti pada piala eropa 1992, Denmark malah keluar sebagai juara. Padahal Denmark bukanlah tim yang diunggulkan
Di piala eropa 2020 Denmark yang awalnya terseok-seok, tetapi keberuntungan selalu menyertainya. Alkisah walau awalnya digilas oleh Firlandia, dikalahkan oleh Belgia tapi akhirnya menang atas Rusia 4-1. Juga menang mlawan wells 4-0 serta menjungkalkan Checo 2-1
Alkisah…, di babak semi final Denmark adalah team yg tdk diunggulkan, tidak favorit diantara 4 team.
Alkisah… perjalanan sejarah sepakbola denmark seperti cerita dongeng yang ditulis oleh Cristian Andersen. Akankah tim Denmark mendapatkan keberuntungan melawan team inggris yang diunggulkan dan dinilai akan mudah mengalahkannya?
Seperti cerita dongeng Andesen, sepak bola memang bisa dianalisa dan diprediksi. Tetapi sepak bola juga penuh dengan kejutan dan keberuntungan. Penuh ketidakpastian ibarat cerita dongeng Anderson.


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini