Prof Sumbangan Baja Daftar Calon Rektor, Jamin Unhas Akan Lebih Maju Lagi

Prof Sumbangan Baja saat mendaftar calon Rektor Unhas. (Foto: ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Bursa Calon Rektor Unhas periode 2022-2026 semakin ramai. Sejumlah figur telah mendaftar, tidak terkecuali jajaran pimpinan lingkup Rektorat Unhas. Terbaru, Wakil Rektor Unhas Bidang Keuangan Perencanaan dan Infrastruktur, Prof Sumbangan Baja, yang mendaftar untuk menduduki kursi orang nomor satu di Kampus Merah, Jumat (20/8).
Prof SB-sapaan akrabnya, mendaftar didampingi sahabatnya, Prof Restu, yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Bakal Calon Rektor Unhas. Seusai prosesi pendaftaran, Prof SB membeberkan alasannya maju sekaligus visi dan program yang disiapkannya bila diberi amanah memimpin Unhas.
Menurut dia, alasannya bertarung dalam Pemilihan Rektor (Pilrek) Unhas lantaran ingin memastikan kontuinitas program dapat berlanjut. Dengan begitu, kemajuan signifikan yang telah dicapai dapat terus diakselerasi, bukan malah mandek. Terkait kesinambungan program itu, Prof SB memiliki modal penting lantaran ikut terlibat langsung dalam program kampus saat ini.
“Unhas sekarang sedang menanjak, makanya ini harus dijaga. Harus dipahami dengan baik, apa yang harus dijaga dan apa yang mesti ditingkatkan. Tidak diinginkan kemajuan dan peningkatan yang luar biasa ini malah mandek pada suatu titik. Nah, kami mempunyai pengalaman di rektorat untuk menjaga itu,” ungkap dia,
Terkait program, Prof SB menyampaikan secara garis besar ada tiga hal yang akan menjadi perhatian. Pertama, peningkatan daya saing. Adapun daya saing yang dimaksudnya bersifat menyeluruh. Bukan cuma daya saing dari dosen maupun pegawai Unhas, tetapi juga mahasiswa dan alumni Kampus Merah.
Guna meningkatkan daya saing, Prof SB mengungkapkan pihaknya berkomitmen memperkuat IT dan riset. Sejauh ini, program itu sebenarnya sudah berjalan dan tinggal dilakukan optimalisasi. “Tidak boleh tidak, tingkat daya saing kita harus ditingkatkan, termasuk lulusan harus siap menghadapi segalanya,” tuturnya.
Program kedua, menjaga dan meningkatkan reputasi Unhas. Prof SB menyampaikan citra Unhas selama ini sudah cukup baik dan merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Bahkan, di tingkat internasional pun Unhas sudah cukup dikenal, meski tentunya masih perlu ditingkatkan.
Untuk itu, Prof SB menginginkan agar reputasi Unhas itu dapat dijaga dan ditingkatkan melalui berbagai program. Di antaranya yakni membangun jejaring partnership dengan mitra yang ada di luar negeri. Didorongnya pula agar mahasiswa dan dosen diberikan ruang untuk belajar ke luar negeri.
“Terkait reputasi, perlu kita perbanyak mobilitas student and lecture mobilitas. Ya harus diberi kesempatan ke luar negeri atau menggandeng universitas lain untuk bertukar ilmu,” bebernya.
Program ketiga, Prof SB menuturkan menitikberatkan pada kemaslahatan. Unhas, kata dia, jangan menjadi menara gading. Unhas mesti bermanfaat bagi masyarakat, bagi mahasiswa, pemerintah daerah, serta bangsa dan negara. Guna mencapai itu, diakuinya Unhas mesti mandiri, apalagi saat ini berstatus PTNBH.
“Itu tidak akan dicapai kalau tidak memiliki revenue yang baik dan itu bisa diperoleh melalui optimalisasi aset. Lalu mesti ada program jejaring yang kuat, kan PTNBH itu intinya memiliki otonomi pengolahan akademik dan otonomi mendapatkan revenue membiaya kegiatan yang ada. Semua harus jalan sinkron,” papar dia.
Diketahui Prof SB tiba melakukan pendaftaran untuk Pilrek Unhas didampingi sejumlah kerabat dan sahabat. Selain Prof Restu, Prof SB tampak didampingi sang istri, Eminita Muskarini Tamrin. Di samping itu, juga tampak menemani empat mantan Dekan Faperta dan Dekan Faperta Unhas, Prof Yunus.
Yang menarik, sejumlah staf Rektorat Unhas erlihat sengaja menunggu Prof SB di depan lift lantai empat. Saat tiba, mereka menyambut Prof SB dengan hangat dan suasana pendaftaran pun berlangsung cair.
Menerima langsung rombongan Prof SB, Ketua P2R Unhas 2022-2026, Prof Syamsul Bachri didampingi Prof Nasaruddin Salam. Adapun Prof SB tercatat sebagai pendaftar ke delapan. Pendaftaran akan ditutup 27 Agustus mendatang. (yusuf said)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini