Lindungi Siswi SMP dari Anemia, Dinkes Maros Laksanakan Gerakan Remaja Sulsel Sehat

Perwakilan siswi SMP se Maros pada acara Gerakan Remaja Sulsel Sehat. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, menggelar acara Gerakan Remaja Sulsel Sehat yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Maros, Jumat (1/4/2022).
Kepala Sub Kordinator Promosi Kesehata Kabupaten Maros, Mutmainnah, mengatakan, gerakan ini bertujuan meningkatkan derajat kesehatan utamanya bagi remaja putri.
“Kegiatan ini berlangsung secara serentak di 24 Kabupaten dan Kota se Sulawesi Selatan. Di Maros, kita laksanakan di Ruang Pola dan di 14 Puskesmas dan sekolah di wilayah Kabupaten Maros,” kata Mutmainnah.
Dia menjelaskan kalau Gerakan Remaja Sulsel Sehat ini, merupakan upaya pemberian tablet zat besi ke sekolah-sekolah untuk remaja putri.
“Ini dilakukan untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia,” ucapnya.
Adapun dampak anemia yang biasa dialami remaja putri, kata dia, yakni menurunnya konsentrasi belajar, prestasi di sekolah rendah atau tidak optimal, produktivitas kerja turun, dan imunitas lebih rendah sehingga lebih rentan terhadap penyakit infeksi.
“Jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil, maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek (stunting) atau berat badan lahir rendah (BBLR),” jelasnya.
Lebih lanjut, Mutmainnah menjelaskan, penanganan anemia salah satunya dengan program pemberian tablet tambah darah pada remaja putri usia 12-18 tahun. Pemberian Tablet Tambah Darah (TTD), kata dia, di berikan 1 tablet setiap minggu.
“Upaya ini diharapkan dapat menghasilkan generasi yang sehat dan optimal. Gerakan Remaja Sulsel Sehat ini, akan di lakukan secara berkelanjutan,” ujarnya.
Diketahui, acara ini dihadiri berbagai perwakilan siswi SMP di Kabupaten Maros dan acara acara dibuka oleh gubernur Sulawesi Selatan secara virtual. (asrul nurdin)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini