Ketua KONI Makassar Optimis Atlet Tembak Pengkot Perbakin Dulang Emas di Porprov XVII Sinjai-Bulukumba

Atlet tembak Makassar terus berlatih demi dulang emas di Bulukumba. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan September 2022 di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba, memicu perhatian KONI Kota Makassar mendorong Cabang Olahraga (Cabor) untuk mencapai prestasi gemilang di ajang olahraga bergengsi itu.
Salah satu Cabor yang juga dipersiapkan meraih emas di ajang tersebut, yakni Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Makassar. Para atletnya yang akan diproyeksikan mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulsel ini, terus digenjot berlatih.
Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Perbakin Makassar, Komisaris Besar (Kombes) Pol Heru Novianto, mengatakan, sebanyak 29 atlet yang akan ditrunkan pada Porprov XVII nanti. Menurut Heru Novianto, para atlet tersebut terbagi pada tiga kategori, yakni tembak sasaran, tembak berburu dan tembak reaksi, yang dilaksanakan di Bulukumba.
“Perbakin Makassar mengutus 14 atlet di kategori tembak sasaran, 9 atlet untuk tembak berburu, dan 6 atlet tembak reaksi. Atlet-atlet ini akan mengikuti 28 nomor pertandingan,” kata Heru Novianto, melalui keterangannya, Selasa (31/5/2022).
Dia menambahkan, pada Porprov mendatang, Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, memberikan target Pengkot Perbakin Makassar minimal 18 medali emas.
“Untuk mematangkan persiapan dan memenuhi target tersebut, kata Heru Novianto, pihaknya akan melakukan training center (TC) awal Juni hingga 31 Agustus 2022,” ungkap Heru Novianto.
Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini, lebih lanjut, menjelaskan, selain TC berjalan, seluruh atlet juga berlatih di klub nenembak masing-masing. “TC akan dibagi tiga tempat sesuai bidang masing-masing,” ucapnya.
Adapun pembagiannya, menurut Heru Novianto yang juga Komandan Dansat Brimob itu, untuk atlet tembak bidang sasaran di pusatkan di lapangan tembak SPN Batua Polda Sulsel. Untuk tembak reaksi di lapangan tembak Klub AIM SC di Beba Galesong Utara, Kabupaten Takalar. Dan tembak berburu akan dipusatkan di lahan PT Berdikari, Jalan Baji Minasa, Makassar.
“Kami sudah meninjau lahan PT Berdikari Jalan Baji Minasa, kemarin (Senin, 30/5). Lahan ini akan dijadikan tempat berlatih bidang tembak berburu,” ujarnya.
Sekretaris Pengkot Perbakin Makassar Iskandar Andi Hamzah menambahakan persiapan atlet untuk tembak sasaran sudah bisa dimulai. Hanya saja untuk tembak reaksi belum bisa dimulai. Alasannya stok amunisi peluru tajam menunggu pengadaan.
Sementara itu, secara terpisah, Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, menyampaikan harapannya kepada Pengjkot Perbakin Makassar, bahwa salah satu andalan yang diharapkannya mendulang medali emas pada Porprov XVII di Sinjai dan Bulukumba nanti, yakni Cabor Menembak.
“Kami berharap pada Pengkot Perbakin Makassar, agar atlet-atlet tembak yang diturunkan di Bulukumba nanti mendulang medali emas, karena prestasi yang dicapai olahraga ini, bagi kami sangat prestisius,” ujar Ahmad Susanto.
Selain itu, Ahmad Susanto, mengaku dirinya sangat optimis dengan olahraga tembak, karena selain terdapat tiga kategori tembak yang dilombakan, juga dia meyakini jika Perbakin Makassar memiliki atlet-atlet tembak yang handal dan terlatih.
“Kami sangat percaya diri di Cabor Tembak ini, karena kami tahu kalau Perbakin Makassar memiliki atlet-atlet handal dan terlatih, apalagi Cabor ini dipimpin oleh Pak Dasat Brimob, Kombes Heru Novianto. Pasti atletnya jago-jago nembak,” pungkasnya.
Meskipun demikian, Ahmad menekankan, bahwa peta persaingan di Porprov nanti, tak bisa diremehkan. Sebab, kata dia, daerah lain juga membina atlet menembak setara dengan atlet Makassar.
Ditambahkan oleh Sekretaris Pengkot Perbakin Makassar, Iskandar Andi Hamzah, terdapat enam daerah yang patut diperhitungkan, dan juga sudah melakukan persiapan yang cukup baik, diantaranya kabupaten Wajo, Bone, Parepare, Pangkep, Takalar dan tuan rumah, Bulukumba.
“Namun, Iskandar tetap meyakini, atlet Makassar bisa mengimbangi lawan-lawannya, apalagi, 29 atlet Makassar dilatih oleh pelatih-pelatih berpengalaman. Masing-masing La Dahu, yang bertindak sebagai pelatih kepala. Dibantu tiga pelatih lainnya, tembak sasar dilatih oleh Amiruddun, tembak berburu dan tembak reaksi, dilatih oleh Tonny Abadi,” ungkapnya.
Untuk diketahui Pra Porprov yang berlangsung Juni 2021 lalu di Lapangan Tembak Mapolda Sulsel dan SPN Batua Makassar, Perbakin Makassar menjadi juara umum dengan mengoleksi 18 emas, 8 perak dan 5 perunggu. (andi esse)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini