Buka Rapat Kerja Daerah IJTI Pengurus Daerah Sulsel, Danny : Rekayasa Gambar dari Peristiwa, Ahlinya Hanya Teman-teman TV

Foto : Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto Membuka Rapat Kerja Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulsel
menitindonesia, MAROS,- Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulsel di Tokka Tena Rata, Sabtu, (18/11/2023) Rapat Kerja Daerah IJTI Pengurus Daerah Sulsel ini mengangkat tema Membangun Kekompakan Menuju Kesuksesan.
“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Rapat Kerja Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Sulsel saya buka dengan resmi,” kata Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto di sela-sela acara.
Danny mengatakan, dunia saat ini berada dalam sebuah kotak kamera yang bisa merekam banyak peristiwa, banyak informasi juga banyak klarifikasi. Dan kemampuan televisi bukan saja kemampuan berita dan pesan yang begitu multi, tetapi kekuatan klasifikasinya di era yang begitu bias hari ini.
Oleh karena itu kata dia, video itu menjadi bagian yang begitu kuat. Apalagi saat ini sudah ada Artificial Intelligence (AI) yang bisa membuat banyak rekayasa gambar, video, narasi atau suara. Itu bisa direkayasa sehingga keaslian daripada itu, kata dia lagi hanya bisa dipahami oleh ahlinya yakni teman-teman jurnalis tv.
“Maka tantangan kedepannya rumit dan kompleks harus jadi bagian misi IJTI untuk mengawal informasi dan pesan dari gambar-gambar yang diberitakan. Saya berharap IJTI terus menjaga informasi produktif yang kritis. Pasalnya tanpa kritikan pula orang tidak akan maju. Jadi kuncinya, produktif, kritis dan adaptif,” harapnya. (*)