KONI Teken MoU IKA Unhas Memelopori Grand Desain Olahraga

menitindonesia, MAKASSAR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar di tahun 2024 akan menyusun mapping dan grand design kota besar pembangunan olahraga jangka panjang.
Metode pembinaan prestasi dan mitigasi sosial. Untuk mengisi ruang tentu harus melibatkan banyak pihak sebagai pakar, konsultan riset, sport sains dan sebagainya. IKA Unhas salah satu lembaga yang eksis dan kompeten.
Hal itu dikemukakan Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto saat MoU bersama Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel, Moh. Ramdhan Pomanto yang digelar kediaman Danny sapaan akrab Ketua IKA Unhas di Jalan Amirullah pada Senin malam (27/11/2023)
Ahmad mengatakan, KONI Kota Makassar terus berupaya mewujudkan misi olahraga sebagai solusi. Itu dilakukan melalui pembinaan preatasi dan mitigasi sosial.
“Kalau diranah pembinaan prestasi, arah KONI sudah jelas bersama cabang olahraga. Program yang disusun. Itu sudah strategis dan pas. Sedangkan untuk mitigasi sosial, KONI terus melibatkan masyarakat dan berbagai stakeholder untuk mewujudkannya,” kata Ahmad Susanto menambahkan.
“Nah olehnya itu KONI melakukan penandatanganan MoU dengan IKA Unhas Wilayah Sulsel. Tujuannya, agar IKA Unhas bisa menopang dan terlibat langsung dalam mitigasi sosial. Mengingat, di IKA Unhas sendiri banyak akademisi yang kompeten di bidang itu,” cetusnya.
Dengan MoU ini kata dia, bisa menjadi langkah awal untuk menyatukan persepsi terkait olahraga. Hal itu yang akan ditindaklanjuti lewat hal-hal teknis dan strategis untuk menyatukan visi dan persepsi yang sama, dalam upaya menyusun pengembangan olahraga di Kota Makassar dengan melibatkan masyarakat, salah satunya IKA Unhas,” imbuhnya.
Sementara Ketua Bidang Pemuda, Olahraga dan Seni IKA Unhas Sulsel, Rahman Rizal Andi Sapada mengatakan, pihaknya menggandeng KONI karena dianggap sebagai lembaga paling tuntas mengenai olahraga. Itu sebabnya hingga dilakukan MoU ini.
“IKA Unhas wilayah Sulsel diharap bisa sharing program dengan KONI Makassar. Melalui pola berpikir para alumni untuk perkembangan olahraga di Sulsel, karena kami ingin terlibat lebih banyak di tengah-tengah masyarakat,” katanya
Dia juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa olahraga punya banyak peran. Selain prestasi, juga bisa menjadi solusi masalah sosial. Sehingga, lewat olahraga IKA Unhas Sulsel yakin bisa berinteraksi dan berkonteibusi lebih banyak kepada masyarakat. (*)