KONI Makassar dan IKA Unhas Kolaborasi Susun Grand Desain Olahraga

FOTO: Ketua IKA Unhas Sulsel Danny Pomanto dan Ketua KONI Makassar menandatangani MoU kerjasama. (ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar menggandeng Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA-Unhas) Wilayah Sulawesi Selatan untuk sama-sama menjadikan olahraga sebagai solusi dengan melakukan pembinaan prestasi dan mitigasi sosial.
Kerjasama ini, diawali dengan penndatanganan MoU antara Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto dengan Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto. Dalam MoU ini, IKA Unhas bisa menopang dan terlibat langsung dalam mitigasi sosial dengan melibatkan sejumlah akademisi yang kompeten di bidang itu.
BACA JUGA:
Diskominfo Makassar Perkuat Kolaborasi dan Integrasi PPID Utama dan PPID SKPD Menuju Infomatif
”Tahun depan kami akan mapping grand design kota besar pembangunan olahraga jangka panjang. Metodenya pembinaan prestasi dan mitigasi sosial. Untuk mengisi ruang itu, kami harus libatkan banyak pihak sebagai pakar, konsultan riset, sport sains dan sebagainya. IKA Unhas salah satu lembaga yang eksis dan kompeten untuk itu,” kata Ahmad Susanto kepada wartawan di Danny Pomanto, Jalan Amirullah, Senin (27/11/2023).
Ahmad Susanto berharap, MoU dengan IKA Unhas Sulsel itu, bisa menjadi langkah awal untuk menyatukan persepsi terkait olahraga. Hal itu yang akan ditindaklanjuti lewat hal-hal teknis dan strategis. ”Kami sudah teken MoU untuk menyatukan visi dan persepsi yang sama,”” katanya. “Ini upaya menyusun pengembangan olahraga di Kota Makassar dengan melibatkan masyarakat, salah satunya IKA Unhas.”
BACA JUGA:
Dubes Uni Eropa dan Brunei Tertarik Investasi Transportasi dan Kesehatan di Sulsel, Gubernur : Investor yang Mau Berinvestasi Harus Siapkan Listrik
Sementara Ketua Bidang Pemuda, Olahraga dan Seni IKA Unhas Sulsel, Rahman Rizal Andi Sapada menegaskan, pihaknya menggandeng KONI karena dianggap sebagai lembaga paling tuntas mengenai olahraga. Itu sebabnya, dia tertarik melakukan MoU ini.
”Diharapkan IKA Unhas wilayah Sulsel ini bisa sharing program dengan KONI Makassar. Melalui pola berpikir para alumni untuk perkembangan olahraga di Sulsel, karena kami ingin terlibat lebih banyak di tengah-tengah masyarakat,” kata dia.
Selain itu, dia juga ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa olahraga punya banyak peran. Selain prestasi, juga bisa menjadi solusi masalah sosial. Sehingga, lewat olahraga IKA Unhas Sulsel yakin bisa berinteraksi dan berkonteibusi lebih banyak kepada masyarakat.
”Kami ingin memberi tahukan kepada masyarakat bahwa ini loh olahraga. Selain prestasi, ada sisi sosialnya juga. Kami ambil peran di situ, karena kami tidak bisa masuk di ranah teknis prestasi, itu ranahnya cabor,” jelasnya.
MoU. KONI Makassar dan IKA Unhas Wilayah Sulsel melakukan penandatanganan MoU terkait mitigasi sosial lewat olahraga, di kediaman Ketua IKA Unhas Wilayah Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto, Jalan Amirullah, Kita Makassar, Senin, 27 November, malam. (*)