KPU Takalar Tingkatkan SDM PPK dalam Bimtek Penulisan Artikel dan Optimalisasi Medsos

Foto : Nara Sumber Bimtek Penulisan Artikel dan Optimalisasi Media Sosial, Wartawan Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks) Paris M Ali
menitindonesia, MAKASSAR – Pemilihan Umum 2024 tidak lama lagi, sehingga Panitia Penyelenggara Pemilu yang tak lain Komisi Pemilihan Umum (KPU), melakukan peningkatan partisipasi masyarakat.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Takalar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), penulisan artikel dan optimalisasi media sosial. Bimtek tersebut diikuti sekitar 50 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan sejumlah staf KPU Kabupaten Takalar yang berlangsung di Arthama Hotel Makassar, Selasa (5/12/2023).
Dalam kegiatan bimtek ini menghadirkan dua orang narasumber mereka adalah Wartawan Harian Ujungpandang Ekspres (Upeks) Paris M Ali yang membawakan materi ‘Optimalisasi Media Sosial dan Karakteristik Media Sosial KPU’. Sementara, pemateri kedua, Abd Karim dari Harian Tribun Timur yang membawakan materi ‘Tata cara penulisan artikel berita’.
Komisioner KPU Takalar, Ibrahim Salim mengatakan, sekitar 50 peserta PPK se-Kabupaten Takalar hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut Ibrahim, kegiatan Bimtek bertujuan untuk meningkatkan kemampuan PPK agar dapat menulis setiap kegiatan yang dilakukan ditengah masyarakat.
“Bimtek bertujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), anggota PPK serta diharap untuk bisa menulis dan membuat konten kegiatannya atau rilis. Selanjutnya tulisan yang dihasilkan dikordinasikan ke media agar kegiatan yang diikuti bisa terekspos atau tersampaikan ke publik,” kata anggota KPU Takalar yang membidangi divisi teknis ini.
Mantan anggota Bawaslu Takalar ini mengakui, kegiatan KPU tentunya mendapat pengawasan dari media sebab pers adalah kontrol sosial sebagaimana dalam pilar Demokrasi ke-4.
“Terus terang kerja-kerja penyelenggara pemilu itu dalam pengawasan media. Sebagaimana diketahui jika pers merupakan pilar demokrasi ke-4. Olehnya itu teman-teman PPK diharap melaporkan kegiatan lewat karya tulis berupa rilis layak baca dan selanjutnya dikoordinasikan kepada awak media,” tandasnya. (*)