Menkes RI dan Pj Gubernur Sulsel Kunjungi 3 Rumah Sakit di Kota Makassar, Ini Tujuannya

FOTO : Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin didampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat Melakukan Kunjungan di Tiga Rumah Sakit di Makassar
menitindonesia, MAKASSAR -Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin didampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, (20/1/2024) melakukan kunjungan ke tiga rumah sakit milik pemerintah. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat disetiap rumah sakit.
Menteri dan Pj Gubernur Sulsel mengunjungi tiga rumah sakit masing-masing, Rumah Sakit Labuang Baji yang merupakan milik Pemerintah Provinsi Sulsel, dan dua rumah sakit Kemenkes RI, yakni Rumah Sakit Mata Makassar dan Rumah Sakit Dr. Tadjuddin Chalid.
Menkes dan gubernur melihat langsung fasilitas-fasilitas yang ada di dalam rumah sakit tersebut. Termasuk ruang perawatan pasien, ruang operasi, serta fasilitas penunjang lainnya seperti laboratorium dan apotek. Hadir juga Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham.
Selain itu, mereka juga berdiskusi dengan para tenaga medis dan staf rumah sakit untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh masing-masing rumah sakit.
Kunjungan pertama di Rumah Sakit Labuang Baji di Jalan DR. Ratulangi Nomor 81, Labuang Baji, Kecamatan Mamajang, melihat layanan Hemodiliasis, Mammografi, CT-Scan, Direct Radiografi, MRI dan berbagai ruang poli dan klinik urologi.
Kunjungan ini juga merupakan upaya memastikan. Apakah bantuan alat medis kesehatan yang diberikan Kemenkes digunakan dengan efektif dan efisien. Dengan meninjau langsung kondisi rumah sakit, mereka dapat melihat apakah telah digunakan dengan tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
“Kita meninjau rumah sakit provinsi, karena Kementerian Kesehatan memberikan bantuan alat untuk penyakit-penyakit kritis seperti stroke, jantung dan ginjal,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin melanjutkan.
“Kami ingin lihat secara langsung..Apakah alat ini sudah dipasang, kedua sudah digunakan. Ketiga. Apakah banyak pasiennya. Alhamdulillah alatnya sudah dipakai. Ada beberapa yang memerlukan bantuan perizinan kita bantu dan ada memang beberapa dokternya belum ada,” jelasnya.
Adapun untuk kebutuhan dokter, kekurangan yang ada akan dipenuhi. Namun, ia mengharapkan agar berasal dari putra dan putri daerah. Pertimbangannya, agar mereka saat bekerja tidak meminta pulang ke kampung halaman. Demikian juga dengan beasiswa diberikan Kementerian Kesehatan.”Kalau bisa putra daerah, supaya kalau mereka kerja, tidak berpikir lagi untuk pulang ke daerah asalnya,” tukasnya.
Ia menilai rumah sakit dikunjunginya cukup bersih dengan peralatan rumah sakit lengkap. “Rumah sakit itu bersih, sudah kita kasih alatnya banyak, kita doakan dokternya lebih lengkap,” ujarnya.
Sedangkan, di Rumah Sakit Mata Makassar di lingkar Barat Tallasa City, Menkes dan gubernur meninjau IGD, Poli Eksekutif, ICU dan Ruang Recovery serta ruang kamar operasi. Sedangkan di Jalan Paccerakkang No.67, Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, di Rumah Sakit Dr Tajuddin Chalid, mengecek gedung poliklinik, ruang farmasi, radiologi, rehabilitasi center, ruang rawat inap dan poliklinik haji.
“Kunjungan bersama Bapak Menteri ini, memberikan masukan berharga dalam merencanakan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan sistem pelayanan kesehatan di Sulsel,” kata Bahtiar Baharuddin. (*)