Istanbul

Penulis adalah mantan Anggota MRR/DPR RI
Oleh Mubha Kahar Muang

Dihari yang berbahagia ini, Minggu 7 April 2024, kami persembahkan bacaan ringan, sebuah tulisan lama tentang Istanbul. Semoga memberi manfaat.

menitindonesia – LEGENDA dari sekitar 660 SM mengisahkan, Raja Byzas dari Megara, sebuah kota dekat Athena pada masa ekspansi kolonial Yunani, berlayar ke arah Timur Laut melintasi Laut Aegea hingga tiba ke Bosphorus. Di wilayah itu Raja Byzas mendirikan kota dan menamakannya Byzantium, sesuai dengan namanya.
Kota ini menjadi kota niaga karena lokasinya yang strategis dan satu-satunya pintu masuk ke Laut Hitam. Lokasi Byzantium menarik perhatian Kaisar Romawi Konstantinus I yang pada 330 Masehi membangun ulang kota ini. Konstantinus Kaisar Romawi pertama yang memeluk agama Kristen melihat Byzantium sebagai lokasi yang tepat bagi seorang kaisar untuk bertahta. Dia kemudian memindahkan pusat kekaisaran dan menetapkan Byzantium sebagai ibu kota Kekaisaran Timur.
Byzantium kemudian dibangun dengan fasilitas yang layak bagi sebuah kota metropolis kekaisaran. Alun-alun baru di pusat kota dibuka. Di sebelah timur alun-alun dibangun Basilika. Istana Agung Kaisar, Hippodromos, tempat pacuan kuda yang mampu menampung 80.000 penonton, jalan raya yang dipagari jajaran pilar, Gedung Kehakiman, Gedung Dewan Senat, semuanya dibangun. Byzantium memperkenalkan solidus emas, koin yang bernilai tinggi dan stabil. Kota ini memiliki pertahanan yang matang, kemudahan akses ke perbatasan, memperoleh suplai dari kebun-kebun yang subur dan bengkel-bengkel yang canggih di Asia.
IMG 20240407 WA0002
FOTO: Jejak sejarah peradaban Islam menjadi bagian dari kota yang dulu dikenal dengan nama Konstantinopel ini. Sebahagian wilayahnya masuk benua Asia, sebahagian yang lainnya masuk Benua Eropa. (ist)
Byzantium kota penting dalam sejarah. Setelah Kaisar Romawi Konstantin I wafat, kota ini lalu dinamai Konstantinopel yang berarti Kota Konstantinus. Konstantinopel menjadi ibukota empat kekaisaran besar yaitu Kekaisaran Romawi (330-395), Kekaisaran Romawi Timur (395-1204 dan 1261-1453), Kekaisaran Latin (1204-1261) dan Kekaisaran Ottoman (1453-1922).​
BACA JUGA:
Ukhuwah Islamiah Makin Terjalin Kuat dalam Kegiatan Sosial Digelar DWP Makassar
Konstantinopel dilukiskan dalam novel-sejarah The Female oleh Paul I Wellman. Terbit pertama kali pada 1953 bahwa “… tak pernah dalam sejarah ada kota yang bertabiat seperti wanita, dalam kemewahan, tingkah dan kemolekannya dari pada Konstantinopel yang pada tahun 521 Masehi kadang masih disebut orang dengan nama kuno Byzantium. Ia seolah-olah berbaring dalam pelukan tiga kekasih: Bosporus, Propontis dan Tanduk Mas.”
Propontis adalah nama kuno untuk Laut Marmara. Diskripsi ini tentu menggambarkan keagungan dan keindahan Konstantinopel. Pada bagian timur berdiri Istana kerajaan, kompleks orang-orang terhormat, para bangsawan dan orang kaya dan sejumlah bangunan megah lainnya terutama Katedral Santa Sophia. Sementara di bagian Selatan kota berdiri patung Aphrodite, dewi asmara yang dilukiskan berdiri tegak setengah memejamkan mata tanpa busana. Novel Wellman bercerita tentang Yustinianus I dan Theodora istrinya. Yustinianus menjadi Kaisar dari tahun 527-565, dikenal dengan nama Yustinianus yang Agung.
BACA JUGA:
Rute Makassar – Banjarmasin Kini Beroperasi Setiap Hari dengan Menggunakan Maskapai Lion Air
Pada masa kekuasaannya, Yustinianus I berusaha mengembalikan kejayaan kekaisaran dan menaklukkan kembali bagian barat Kekaisaran Romawi dan pemulihan sebagian wilayah Kekaisaran Romawi Barat, termasuk kota Roma. Selain itu, pada masa kekuasaannya pula hukum Romawi Corpus Juris Civilis ditulis dan masih menjadi dasar bagi hukum masyarakat di negara-negara modern.
Keberhasilan Yustinianus I, selain didukung oleh istrinya Theodora yang walau berasal bukan dari kalangan atas, tetapi memiliki kemampuan yang luar biasa, cakap bahkan dipercaya melakukan tugas diplomatik. Selain itu sebagai penguasa, Yustinianus dikenal sebagai kaisar yang tidak pernah tidur, semangat kerja tinggi, bersedia menerima nasehat dan mudah didekati. Yustinianus dikelilingi oleh bawahan-bawahan berbakat, dipilih bukan berdasarkan latar belakang aristokrat, tetapi atas dasar kemampuan.
Penyebutan Istanbul untuk Konstantinopel mulai digunakan sejak penaklukan 1453. Nama kota ini secara resmi menjadi Instanbul pada 1930. Sejarah Istanbul sejak itu berada di bawah penguasaan Kesultanan Ottoman atau Kesultanan Utsmaniyah. Pada awalnya merupakan imperium lintas benua, didirikan oleh suku-suku Turki pada 1299 M di Barat Laut Anatolia. Penaklukan Konstantinopel oleh Sultan Mehmet sebagaimana disebutkan, merupakan awal Kesultanan Ottoman. Mencapai puncak kejayaan pada abad ke-16 dan ke-17 di bawah pemerintahan Sulaeman Agung.
Pada tahun 1478 oleh Sultan Mahmet membangun Istana Topkapi, kompleks istana yang terdiri dari empat lapangan utama dan bangunan-bangunan kecil di sekitarnya. Selama kurang lebih 400 tahun istana ini menjadi Istana Sultan Ottoman. Sekarang difungsikan sebagai museum yang pada salah satu bagian Istana Topkapi, di Paviliun Relikui Suci tersimpan relikui (barang peninggalan orang suci yang dianggap berharga) peninggalan Nabi Muhammad SAW, seperti jubah, stempel, pedang dan cetakan tapak kaki. Juga benda-benda milik para khalifah, Abubakar, Umar, Utsman dan Ali.
Kesultanan Ottoman berakhir ketika Kemal Ataturk mencanangkan gerakan sekularisasi yaitu pemisahan agama dari penyelenggaraan negara dan mendirikan Republik Turki pada tahun 1922. Langkah Ataturk ini dipandang sebagai awal Istanbul modern sebagaimana yang kita kenal hari ini. Kota modern yang memiliki sejarah panjang.
IMG 20240407 WA0003
FOTO: Spice Bazaar di Istanbul, Turki, salah satu Bazaar terbesar di Kota. ist)
Dengan riwayat panjang seperti itu, mengunjungi Istanbul saat ini, kita akan menemukan jejak perjumpaan peradaban Romawi dan peradaban Islam dengan penanda yang mengagumkan. Nuansa perjumpaan ini sangat terasa, terutama di kota tua di mana jejak kebesaran Konstantinopel masih dapat disaksikan. Sebut misalnya Hagia Sophia atau Basilika St Sophia yang dibangun Kaisar Konstantinus I. Terbakar tahun 404 M, musnah pada peristiwa pemberontakan Nika tahun 532. Dibangun kembali oleh Kaisar Yustinianus I dan selesai pada tahun 537 M, selanjutnya digunakan sebagai Gereja Ortodoks.
Selama kurun waktu 900 tahun, sejak tahun 537 hingga 1453 Masehi, Hagia Sophia berfungsi berganti-ganti sebagai gereja Ortodoks Timur dan Gereja Patriarkat Konstantinopel. Antara tahun 1204 sampai 1261 tempat ini merupakan Katedral Katolik Roma. Pada tahun 1453 M, ketika Kesultanan Ottoman Turki berkuasa, atas perintah Sultan Mahmet, gereja Ortodoks ini dialih fungsikan menjadi masjid. Pada saat itulah empat buah menara ditambahkan pada bangunan ini. Tahun 1935 Mustafa Kemal Ataturk mengubah status Hagia Sophia menjadi museum.
Meski kota-kota penting dunia memiliki sejarahnya masing-masing, tetapi Istanbul adalah salah satu kota yang ditakdirkan menjadi penghubung sekaligus pertemuan kebudayaan Barat dan Timur. Hal ini dimungkinkan karena Istanbul memang terletak di dua benua, Asia dan Eropa, dibelah oleh Selat Bosphorus. Penghubung dan pertemuan yang telah mengukir sejarah dengan jejak yang masih hadir dan menjadi bahan pembentuk Istanbul hari ini.
Orhan Pamuk, sastrawan Turki Pemenang Nobel tahun 2006 dalam Memories of a City (2005) menulis: Menjelajahi kota yang begitu hebat dan sarat sejarah seperti Istanbul, kita sekaligus merasakan kebebasan lautan yang terbuka – itulah asyiknya perjalanan sepanjang Bosphorus. Didorong aliran airnya yang kuat, disemangati udara laut yang tak tercemar, sang pejalan akan merasakan bahwa inilah tempat untuk menikmati kesendirian dan menemukan kebebasan. Sebuah ungkapan yang menggambarkan bahwa sebuah kota tidak hanya menjadi ruang huni, tetapi juga wilayah personal, terutama bagi warganya, untuk menemukan diri dan kebebasannya.
Jakarta, 5 Januari 2015