Golkar Tugaskan Ridwan Kamil Maju di Pilgub DKI, Analis Politik: Lebih Tepat di Jabar, DKI Kasih Ahmad Zaki

FOTO: Analis dan Ahli Komunikasi Politik, Arqam Azikin. (ist)
menitindonesia, JAKARTA – Analis Politik dan Pertahanan Keamanan Dr Arqam Azikin menanggapi penugasan Ridwan Kami oleh Partai Golkar untuk maju sebagai calon gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.
Ahli Strategi Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar ini mengatakan, untuk Ridwan Kamil lebih tepat maju kembali Cagub di Jawa Barat karena basis politik Ridwan Kamil di masyarakat Jabar sudah mantap.
BACA JUGA:
Pria Tertua Di Dunia Mengaku Setiap Jumat Makan Ikan dan Keripik
“Basis politik Ridwan Kamil (RK) sangat mengakar di masyarakat Jabar. Begitu juga basis politik Partai Golkar di Jabar, lebih mudah mereka gerakkan konsolidasinya menghadapi kompetitornya di Pilgub,” kata Arqam Azikin saat diminta komentarnya di Jakarta, Senin (8/4/2024).
Untuk Pilgub DKI Jakarta nanti, Arqam Azikin menilai Ketua DPD I Partai Golkar DKI Ahmad Zaki Iskandar lebih pas didorong untuk maju sebagai cagub DKI Jakarta. Menurut dia, Ahmad Zaki Iskandar (AZI) paham ruang dan basis politik di jakarta ketimbang RK.
BACA JUGA:
Bikin Terkesima, Mudiknya Gratis Diberi Juga Sembako Oleh Pak Pj Gubernur Sulsel
“Sisa ricek kembali pola, metode dan strategi yang berpengaruh pada personal AZI. Imej terhadap AZI apakah memungkinkan, bagaimana brand personalnya, bagaimana popularitasnya di mata warga Jakarta. Bisa disurvei dan dilakukan riset secepatnya,” ujarnya.
Arqam menerangkan, Golkar keliru jika ingin melepas RK dari akarnya di Jabar, sementara posisi RK saat ini untuk Pilgub Jabar, dapat diprediksi sebagai barang jadi. “Karakter masyarakat Jakarta beda dengan Jabar. Mending Golkar mengupayakan AZI saja di Pilgub DKI. Hitungannya, bisa sukses di Pilgub Jabar Jabar dan DKI, dimenangkan oleh kader Golkar,” katanya.
Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merilis surat tugas yang diberikan kepada Ridwan Kamil untuk maju sebagai Cagub di DKI.
“Golkar sudah mengeluarkan surat penugasan kepada kader yang on the way ke Jakarta, Pak Ridwan Kamil. Nah, kami menunggu kapan sampai Jakarta,” ujar Airlangga kepada wartawan di Hotel Le Meridien, Jakarta, Minggu (7/4) lalu.
Airlangga mengungkapkan selain RK, partainya juga menyiapkan AZI untuk Pilgub DKI. “Ya, Golkar juga sudah menugaskan Ahmad Zaki untuk Pilgub DKI, ada juga Erwin Aksa, namun Erwin belum jelas, apa mau di DPR saja atau Cagub DKI, belum ada komunikasi dengan dia,” ungkapnya. (AE)