Amran Sulaiman Diendus Jadi Capres 2024, Milenial Jagokan Nurdin Abdullah

Dua tokoh Sulsel yang diendus jadi Capres 2024. (Ilustrasi Foto: menit)
Pilpres masih lama – Bakal calon presiden ramai disebut-sebut. Indonesia Timur menjejaki peluang Amran Sulaiman. Milineial unggulkan Gubernur Nurdin Abdullah. “Amran Sulaiman bisa juga dijadikan penerus JK,” kata Dr Adi Suryadi Culla
menitindonesia, MAKASSAR – Meskipun tak lagi menjabat menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf, nama mantan Menteri Pertanian Periode 2014-2019, H. Andi Amran Sulaiman, belum pudar.
Komunitas Wartawan Politik Sulawesi Selatan mencuatkan nama Amran Sulaiman sebagai the next JK pada acara diskusi daring dengan tema “Memotret Indonesia Dari Timur” di Kedai Kopi 115, Jalan Toddopuli, Makassar, Senin (18/1/2021).
Amran didaulat sebagai tokoh yang paling tepat merepresentasikan Kawasan Indonesia Timur di kancah perpolitikan nasional ke depan.
“Amran adalah tokoh yang bisa dijadikan penerus JK, dia kapabel,” ujar pakar politik Universitas Hasanuddin, Makassar, Dr Adi Suryadi Culla.
Pernyataan Adi tersebut, disambut pakar politik lainnya, yang juga hadir pada acara diskusi politik tersebut, yang juga menilai Amran layak maju mewakili Indonesia Timur sebagai calon presiden atau wakil presiden. Pada Pemilu 2024, mendatang.
“Matahari itu terbit dari timur. Tidak ada sejarah matahari terbit dari barat. Tugas kita sebagai orang timur adalah mengembalikan fitrah orang timur menjadi figur pemimpin yang diterima bangsa Indonesia,” ujar pakar politik dari Universitas Bosowa Makassar, Dr Arief Wicaksono.
Sosiolog dari Universitas Hasanuddin, Dr Sawedi Muhammad juga sependapat. Menurutnya, kawasan timur memiliki SDA yang melimpah dan SDM tidak kalah dengan tokoh-tokoh dari kawasan barat.
Namun kekayaan alam itu, kata dia, tidak sepadan dengan pembangunan yang dinilainya timpang antara barat dan timur.
“Ketimpangan kawasan tidak bisa diharap akan hilang kalau bukan dari wilayah yang tertimpang itu yang memimpin. Putra-putra dari timur memiliki kemampuan differential advantage yang belum tentu dimiliki tokoh-tokoh dari kawasan barat. Jangankan wakil presiden, calon presiden pun bisa!,” kata Sawedi Muhammad.
Serupa Dr Alam Tauhid Syukur yang merupakan pakar kebijakan publik dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara LAN Makassar, meyakini SDM dari kawasan timur Indonesia tidak pernah kalah dari kawasan barat.
“Ketokohan dan kemampuan Amran Sulaiman tak diragukan lagi, kemampuan, kapasitasnya dan pengalamannya sudah teruji saat menjabat Menteri Pertanian. Prestasi Amran mampu mengangkat derajat sektor pertanian sehingga maju seperti saat ini,” kata Alam.
Sementara itu, sejumlah kelompok milenial punya pandangan lain, justru meminta Amran Sulaiman agar mencalonkan diri dulu pada pemilihan gubernur Sulsel mendatang. Misalnya Andi Muhammad Alif (18 tahun), mengatakan syarat menjadi tokoh politik nasional dia pernah melalui proses pemilihan, seperti Pilkada dan dia menang.
“Kalau mau jadi tokoh nasional menang di Pilgub Sulsel dulu baru bisa dihitung jadi Capres 2024 nanti. Apakah ada yang bisa mengalahkan Nurdin Abdullah yang juga bukan tokoh kaleng-kaleng? Karena kalau bicara tokoh, Nurdin Abdullah juga tokoh yang layak jadi presiden atau wakil presiden,” ujar Andi Muhammad Alif. #adezakaria


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini