Survei IDM: Tiga Partai Terbesar Jika Pemilu Hari ini, Demokrat Berpotensi Jadi Pemenang Pemilu 2024

Foto Ilustrasi Menit Indonesia.
Gejala Demokrat – Jika diamati dari trend surveinya yang mengalami peningkatan drastis. Sekarang, PKB, PKS, Nasdem dan Gerindra sudah berada jauh di bawah Partai Demokrat. “Partai Demokrat berada di peringkat ketiga sekarang dengan meraih 11,6 persen suara responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia,” kata Tri Permadi.
menitindonesia, JAKARTA — Survei terbaru Indonesia Development Monitoring (IDM) terkait sikap masyarakat terhadap pemerintah dan partai politik selama pandemi Covid-19. Hasilnya, tanpa menyebutkan nama partai politik, PDI Perjuangan (PDIP), Partai Golkar dan Partai Demokrat menjadi tiga partai terbesar yang akan dipilih responden jika Pemilu digelar hari ini.
Direktur Eksekutif IDM Tri Permadi menuturkan, PDIP dan Golkar sama-sama meraup 16 persen suara responden jika pemilihan digelar hari ini. “Sebanyak 16,7 persen memilih PDI Perjuangan, 16,1 persen memilih Partai Golkar, dan 11,6 Persen memilih Partai Demokrat,” ujar Permadi dalam keterangan pers, Ahad (31/1).
Partai Demokrat yang berada di peringkat ketiga dengan meraih 11,6 persen suara responden dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, mengalami trend yang paling tinggi melompati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8,9 persen, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendapat 6,6 persen dan Partai Gerindra yang justru hanya mampu meraih 5,2 persen suara responden, di bawah Nasdem yang meraup 6,2 persen suara jika pemilu digelar hari ini.
Posisi selanjutnya ditempati Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan 2,3 persen. Sementara, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya meraup masing-masing 2,1 persen.
Permadi mengatakan, simulasi kedua survei terkait keterpilihan parpol dilakukan dengan menyebutkan sembilan nama parpol yang saat ini menduduki kursi parlemen DPR RI. Dari simulasi ini, Golkar dan PDIP masih menjadi dua terbesar yang dipilih responden jika pemilihan digelar hari ini.
Yakni, PDI Perjuangan berhasil mengumpulkan 18,2 persen suara, sementara Golkar meraih 18,1 persen suara. Posisi selanjutnya ditempati Partai Demokrat dengan 14,2 persen, PKB 9,7 persen, PKS 7,7persen, Nasdem 6,4 persen, dan Gerindra 5,9 persen. PAN dan PPP berada di urutan dua terbawah dari sembilan parpol yang mengantarkan wakilnya ke Senayan. PAN meraih 3,1 persen, sedangkan PPP hanya 1,9 persen suara.
Survei IDM juga menunjukkan mayoritas responden masih percaya program pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dari 1.650 responden, sebanyak 81,9 persen responden percaya program pemulihan ekonomi pemerintah bisa mengatasi dampak Covid-19. Hanya 11,7 persen yang meragukan program pemerintah bisa memulihan ekonomi nasional.
Dari bacaan survei tersebut, potensi Partai Demokrat melompati PDI Perjuangan dan Golkar bisa terjadi pada 2024, dan Gerindra akan mendapatkan kendala untuk lolos parlemen treshold jika trendnya terus mengalami penurunan hingga 2024 mendatang. (ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini