Sejumlah Nama Beredar Akan Mengisi Jabatan Kabareskrim Polri, Merdisyam dan Fadil Imran Disebut Berpeluang

Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, disebut-sebut memiliki kans mengisi jabatan Kabareskrim Polri. (Foto: Ist_Menit)
Menerka Calon Kabareskrim Polri – Jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri masih lowong sejak Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menjabat Kapolri. Beberapa nama perwira tinggi (Pati) berpangkat Komjen dan Iirjen santer disebut-sebut bakal menduduki posisi Kabareskrim. “Irjen Merdisyam termasuk figur yang layak, dia netral dan profesional dalam setiap tugasnya,” kata Hasbi Lodang.
menitindonesia, JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listryo Sigit Prabowo, dikabarkan akan menunjuk lulusan akademi kepolisian (Akpol) 1989 untuk menduduki jabatan yang ditinggalkannya. Peluang bagi jenderal senior itu mengemuka sebagai keseimbangan pejabat tinggi di Polri.
Diketahui, Jenderal Listyo Sigit merupakan lulusan Akpol 1991. Sebelumnya dia menjadi calon Kapolri termuda di antara lima jenderal yang dipilih Kompolnas untuk diserahkan ke Presiden Joko Widodo
Saat ini, terdapat sejumlah Pati lulusan Akpol 1989 yang mengisi jabatan tinggi di Korps Bhayangkara. Salah satunya Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto. Jenderal kelahiran Blora ini, sebelumnya juga menjadi salah satu calon kapolri.
Agus tidak asing dengan dunia reserse. Dalam rekam jejaknya, dia pernah menjabat Direskrim Polda Sumut hingga Dirtipidum Bareskrim Polri.
Ada pula Irjen Pol Ahmad Dofiri yang saat ini menjabat Kapolda Jawa Barat. Dofiri merupakan lulusan terbaik alias Adhi Makayasa Akpol 1989.
Beberapa nama Kapolda lulusan Akpol 1991 juga santer disebut-sebut. Nama yang populer yakni Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam juga disebut-sebut memiliki kans menggantikan Jenderal Listyo pada jabatan Kabareskrim Polri.
Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menyebut dari beberapa jenderal yang saat ini menjabat Kapolda, semua berpeluang menggantikan posisi Listyo Sigit sebagai kabareskrim, namun hanya hanya Dofiri yang paling senior
“Dari beberapa nama-nama jenderal yang beredar, hanya Dofiri yang paling senior,” kata Beta S Pane.
Sementara, Aktifis 98 yang juga Pemerhati Demokrasi dan HAM, Hasbi Lodang, menjagokan Irjen Fadil Imran atau Irjen Merdisyam yang paling berpeluang menduduki posisi Kabareskrim Polri, keduanya adalah lulusan Akpol 1991.
Hasbi menilai, kedua figur tewrsebut memiliki peluang sebab Fadil maupun Merdisyam sudah dua kali menempati posisi Kapolda dan memiliki rekam jejak yang bagus. Merdisyam, kata dia, saat ini termasuk Kapolda yang baik, profesional dan tegas.
“Dia berhasil mengungkap jaringan teroris di Sulsel,” ucap Hasbi.
Namun, Hasbi mengatakan, penunjukan Kabareskrim itu akan melalui pertimbangan yang matang dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit. “Siapapun nantinya yang ditunjuk, pasti itulah yang terbaik,” katanya.
Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Bambang Rukminto, memprediksi kabareskrim baru bakal ada pekan depan.
“Jabatan tersebut sangat vital sehingga tidak akan lama dibiarkan kosong. Kemungkinan jabatan Kabareskrim akan segera diumumkan, paling lambat pekan ini,” ujarnya. (andi ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini