Bupati Maros Bersama Ketua DPRD Siap Kawal Hasil Musrembang Kecamatan Bantimurung

Bupati Maros HAS Chaidir Syam berbincang dengan Ketua DPRD HA Patarai Amir pada acara Musrembang Kecamatan Bantimurung. (Foto: Ist_ade_menit)
menitindonesia, MAROS – Bupati Maros HAS Chaidir Syam bersama Ketua DPRD Maros HA Patarai Amir menghadiri Musrembang tingkat Kecamatan Bantimurung, di Kolam Wisata Bungaeja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Selasa (2/3/2021).
Chaidir Syam didampingi Wakil Bupati Maros Hj Suhartina Bohari dan Camat Bantimurung, Asrul Rivai Rachman.  Juga hadir Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan M. Irfan AB.
Saat membuka acara Musrembang, Chaidir Syam menyampaikan harapannya agar program pembangunan yang diserap melalui musyarah rembug itu, benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan prioritas masyarakat.
Ia meminta pada forum musyawarah antar pemangku kepentingan ini untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang nanti akan diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Maros di wilayah Kecamatan.
Selain itu, Chaidir juga menyampaikan keinginannya memulai penyelenggaraan pemerintahan ke depan berbasis data dan tersinkronisasi. Untuk itu, Bupati Maros yang baru saja dilantik itu, meminta para kepala desa hingga camat menyusun data, kebutuhan dan program prioritas yang rill di wilayahnya masing-masing.
Ia juga meminta agar pemerintah desa dan camat, menyajikan data potensi sumber daya manusia terutama pemuda, berapa jumlah anak muda di desa dan kecamatan yang memiliki potensi dan berapa jumlah SDM generasi muda tidak memiliki keterampilan.
“Jika kami punya data soal jumlah generasi muda yang tidak memiliki keterampilan, maka Pemkab akan membuat program pelatihan-pelatihan yang akan diberikan kepada generasi muda kita, untuk menciptakan lapangan kerja usaha yang mandiri,” kata Chaidir.
Dia juga menambahkan, bahwa sektor pendidikan dan kesehatan akan menjadi perhatian utama Pemkab Maros.
Chaidir menegaskan, sebagai Bupati, kata dia, ia membutuhkan data riil dari bawah sebelum memutuskan kebijakan-kebijakannya lima tahun ke depan.
Camat Bantimurung, Asrul Rivai Rachman mengaku sengaja memilih kawasan Desa Tukamasea sebagai tempat pelaksanaaan Musrembang Kecamatan, karena pihaknya ingin memperkenalkan potensi wisata baru yang ada di Desa Tukamasea, Bantimurung.
“Ini adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Maros yang dibangun menggunakan sumber dana desa,” kata Asrul.
Sementara itu, Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir mengapresiasi pelaksanaan Musrembang di Kolam Wisata Bungaeja, Desa Tukamasea itu.
Ia berharap, Kolam Wisata ini ke depan akan menjadi salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi dan bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah nanti.
Patarai juga berjanji, akan mengawal usulan-usulan yang disampaikan warga melalui Musrembang agar nanti diakomodir dalam rencana kerja pemerintah daerah.
“Tugas kami di DPRD adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat, dan mengawal program-program prioritas pemerintah agar bisa terealiasasi,” pungkas Patarai. (andi ade zakaria)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini