Vaksin Moderna Untuk Nakes Sudah Tiba di Maros, Masa Berlakunya Hanya Tiga Bulan

Moderna Vaccine buatan USA. (Foto: ist_int)
menitindonesia, MAROS – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maros, dr. Muhammad Yunus, mengatakan vaksin booster (dosis ketiga) merek moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah tersedia di Kabupaten Maros.
“Vaksin ketiga ini, dikhususkan dulu untuk nakes di rumah sakit dan seluruh Puskesmas yang ada di Maros. Paling lambat pekan depan akan disuntikkan,” kata dr. Muhammad Yunus, Senin (9/6/2021).
Pemberian vaksin vaksin ketiga merek Moderna, kata dia, ditujukan untuk melindungi para nakes dari infeksi Covid-19. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi nakes sebelum vaksin dosis ketiga ini disuntikkan.
“Jarak vaksin dosis kedua dan ketiga berkisar tiga bulan dan mereka tidak sedang terpapar Covid-19,” ujarnya.
Lebih lanjut, ujar Yunus, saat ini sementara dilakukan screening dan swab bagi nakes di seluruh puskesmas dan rumah sakit, sehingga membutuhkan aktu selama sepekan untuk menunggu hasil swab baru kemudian dilakukan penyuntikan vaksin dosis ketiga.
Namun, dia mengatakan, waktu vaksinasi di semua Puskesmas akan tetap dipacu sambil menunggu hasil screening selesai secara menyeluruh.
“Kalau sudah yang bisa divaksin minimal 12 orang atau 14 orang, maka akan kami lakukan vaksinasi. Kami tidak menunggu selesainya screening. Ini untuk mengejar target,” ucapnya.
Vaksin moderna, lanjut Yunus, masa belakunya hanya tiga bulan saja, setelah melebihi tiga bulan, vaksin tersebut kadaluarsa dan tidak bisa digunakan.
Diketahui, Pemkab Maros Pemkab Maros telah menerima vaksin moderna sebanyak 1.076 dosis dan kini diamankan di gudang farmasi milik Pemda. Karena vaksin ini sangat rentan maka disimpan di ruangan khusus dan dalam box yang memiliki suhu minus 25 derajat.
Jumlah vaksin moderna yang diterima Pemkab Maros, kata Yunus, masih kurang dari kebutuhan. Jumlah nakes secara keseluruhan sebanyak 1700 orang, sedangkan vaksin yang diterima hanya untuk seribu orang saja.
“Ya vaksinnya masih kurang. Namun, tidak masalah, sebab ada beberapa nakes memang baru saja menerima vaksin dosis kedua sehingga harus menunggu tiga bulan. Tapi kita harap nanti vaksinnya bisa ditambah lagi,” tandasnya. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini