Facebook, WhatsApp dan IG Sempat Down, Mark Zuckerberg Merugi Rp 99 Triliun

Aktifitas di kantor Facebook. (Foto: doc_internet)
menitindonesia, MAKASSAR – Pengelolah aplikasi sosial media milik Mark Zuckerberg mengalami gangguan teknis yang menyebabkan aplikasi Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat down, tak bisa diakses oleh penggunanya, sejak Senin (14/10/2021), malam hingga Selasa (5/10), dinihari.
Menyikapi keluhan para pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram, pengelolah masing-masing menjelaskan di akun Twiternya.
“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi Facxebook. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook.
Sejumlah netizen dan publik figur di Indonesia juga mengeluhkan sulitnya akses ketiga aplikasi itu lewa akun Twiter pribadinya.
Gangguan pada ketiga aplikasi sosial media itu diketahui terjadi karena masalah pada sistem nama domain (domain name system) perusahaan. Dikenal sebagai DNS, komponen ini bisa diumpamakan sebagai daftar kontak bagi jaringan internet.
DNS adalah bagian yang mengkonversi sebuah domain web, seperti facebook.com, menjadi protokol internet atau IP. IP sendiri merupakan alamat di mana halaman situs berada.
Dilansir Blomberg, kemarin, masalah teknis terjadi terkait dengan DNS milik Facebook Inc. menyebabkan gangguan selama sekitar 6 jam.
Situs pelacakan pemadaman Downdetector.com menyatakan telah menerima 10,6 juta laporan gangguan Facebook dan WhatsApp mulai dari Amerika Serikat hingga Singapura.
Tak hanya itu, sulitnya mengakses aplikasi dalam Facebook Group juga membuat kekayaan pribadi Mark Zuckerber turun hampir US$7 miliar atau sekitar 99 triliun, setelah kasus pelaporan dokumen internal Facebook dan diikuti WhatsApp, Facebook, dan Instagram down.
Mengutip Bloomberg, aksi jual mengirim saham raksasa media sosial itu anjlok sekitar 5 persen kemarin, menjadikan akumulasi penurunan sekitar 15 persen sejak pertengahan September.
Penurunan saham pada hari Senin, membuat nilai Zuckerberg turun menjadi US$120,9 miliar, menjatuhkannya di bawah Bill Gates ke nomor 5 di Bloomberg Billionaires Index.
Zuckerberg kehilangan kekayaan sekitar US$19 miliar sejak 13 September, ketika dia bernilai hampir US$140 miliar, menurut index tersebut. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini