Siapkan Remaja Yang Tangguh, TP-PKK Maros Melaunching Posyandu Remaja Keren

Lauching Posyandu Remasa Desa Tanete. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Maros, Ny Hj Ulfiah Chaidir Syam, membuka kegiatan Launching Posyandu Remaja Keren Desa Tanete, di Kantor Desa Tanete, Kecamatan Simbang, Maros, Selasa (12/10/2021).
Dalam sambutannya, Ulfiah Chaidir mengatakan remaja merupakan generasi harapan bangsa karena masa depan bangsa sangat ditentukan oleh peran generasi muda.
“Kemajuan bangsa Indonesia kedepan sangat tergantung bagaimana cara merencanakan dan menyiapkan remaja Indonesia yang berkualitas, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, serta emosional yang kuat,” kata Ulfiah Chaidir.
Ia juga menyampaikan, saat sekarang ini banyak tantangan yang harus di hadapi kaum remaja dalam meniti masa depannya, misalnya, masalah penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas yang dikhawatirkan mampu merusak masa depan remaja.
“Apabila generasi remaja saat sekarang ini rusak karena terlibat penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas maka rusaklah masa depan bangsa,” ucap Ulfiah.
Lebih lanjut, istri Bupati Maros AS Chaidir Syam ini, menyebutkan bahwa Posyandu menjadi salah satu lembaga kemasyarakatan yang memiliki potensi untuk dikembangakan sebagai wadah yang sangat strategis dalam menyampaikan berbagai program dan kegiatan, karena tujuan dan sasarannya bersentuhan langsung dengan masyarakat.
Menurut Ulfiah, Posyandu Remaja merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat termasuk remaja dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan.
“Posyandu ini berguna untuk memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahaan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi remaja, menjadi fasilitas berbagai kegiatan remaja yang positif, dan membentengi mereka dari berbagai informasi yang salah,” ujarnya.
Selain itu, kata dia, tidak hanya membawa manfaat bagi remaja, Posyandu Remaja juga memberikan bantuan kepada pihak keluarga dan masyarakat.
“Keluarga dan masyarakat akan terbantu dalam membentuk mental anak yang mampu berperilaku hidup bersih, sehat, dan memiliki keterampilan sosial yang baik sehingga anak dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan optimal untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas,” jelas Ulfiah.
Ia pun berharap, Posyandu Remaja Keren ini dapat diikuti oleh seluruh remaja di lingkungan atau desanya dan bisa bekerjasama dengan berbagai sektor terkait untuk memfasilitasi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan remaja dan.
“Semoga Posyandu Remaja Keren di Desa Tanete ini bisa berjalan dan terus berinovasi dalam pelaksanaannya sehingga bisa menjadi contoh/role model untuk Desa Lainnya di Kabupaten Maros,” pungkas Ulfiah. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini