Ketua DPRD Makassar Berbaur dengan Warga Lakkang Tanam Padi, Petani: Ini Yang Buat Kami Semangat Bekerja

Ketua DPRD Makassar, Rudianto Lallo sedang menanam padi bersama petani di Lakkang. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, memanfaatkan waktu libur dengan menanam padi di Kelurahan Lakkang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Minggu (9/1/2021).
Rudianto disambut gembira warga dan puluhan petani untuk bersama-sama menanam padi. Rudi, begit sapaan politikus Partai NasDem itu, langsung berbaur dengan petani dan turun ke sawah menanam padi bersama warga.
“Bismillah, mari kita tanam bersama. semoga padi yang ditanam ini tumbuh subur, menghasilkan pangan dan ekonomi yang baik bagi warga,” kata Rudianto Lallo.
Dia menambahkan, sektor pertanian khusus tanaman padi di Lakkang, merupakan penunjang pangan utama warga Lakkang yang berjumlah sekitar 1000 jiwa lebih. Di Lakkang, kata dia, terdapat 300 Hektar laham persawahaan.
“Warga Lakkang ini kebutuhan pangannya terpenuhi selama setahun penuh dari hasil pertanian sendiri, meski hanya sekali setahun menanam padi,” ujar Rudi.
Selain sektor pertanian, ungkap Rudi, juga terdapat tambak udang dan ikan, sehingga untuk kebutuhan pangan warga di Lakkang, juga tidak tergantung dari luar.
“Warga Lakkang bisa memenuhi kebutuhan pangannya sendiri, mulai dari beras hingga kebutuhan ikan semua tersedia. Tidak tergantung dari luar,” ucapnya.
Politikus yang dijuluki anak rakyat itu, melanjutkan, saat ini pemerintah Kota Makassar Danny-Fatma telah mengenjot pemanfaatan lahan untuk pangan.
Pada 2022 ini, beber Rudi, ditarget akan hadir alat pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian warga.
“Walikota Danny Pomanto dan Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, itu betul-betul konsentrasi mewujudkan pangan dari lorong, hingga kelurahan yang memiliki lahan pertanian seperti Lakkang ini,” terangnya.
Sementara itu, salah seorang petani yang turut bersama Rudianto Lallo menanam padi, yang minta dipanggil Daeng saja, menyampaikan, bahwa kehadiran Ketua DPRD Makassar itu, sangat memotivasi petani Lakkang untuk meningkatkan produksi pertaniannya.
Selain itu, Daeng juga menyebut, bahwa figur Rudianto Lallo selaku pejabat teras di Kota Makassar, sungguh sangat merakyat, karena tidak segan-segan turun ke bawah dan berbaur dengan masyarakat di bawah.
“Warga Lakkang sangat menyayangi sosok Rudianto Lallo. Perhatiannya terhadap Lakkang tak lagi bisa dinilai. Sangat memperhatikan warga. Dia mau turun menanam padi tujuannya untuk memotivasi kami, para petani di sini agar tetap semangat bekerja,” ujar Daeng.
Senada dengan Daeng, Ridu, salah seorang warga, juga menyampaikan terima kasihnya kepada Ketua DPRD Makassar yang mau turun ke sawah berlumpur bersama petani Lakkang untuk menanam padi.
“Semoga kehadiran Dinda Rudianto Lallo di sini merupakan bentuk perhatian dan dapat mengambil kebijakan yang memudahkan warga mengelolah lahan dan tentunya meningkatkan hasil pertanian,” ucap Ridu.
Diketahui Pulau Lakkang memiliki luas wilayah sekitar 300 hektar yang diapit oleh tiga sungai, yakni Sungai Tallo, Sungai Pampang, dan Sungai Unhas. (andi esse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini