Tingkatkan Stamina dan Performa Atlet, Jelang Porprov, KONI Makassar Akan Lakukan Test Fisik 532 Atlet Semua Cabor

Ketua KONI Makassar Ahmad Susanto memberikan motivasi kepada atlit. (Foto Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Makassar, akan melakukan test fisik kepada 532 atlet dari 32 Cabang Olahraga (Cabor)  yang mengikuti Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sulsel XVII di Kabupaten Sinjai dan Bulukumba.
Ketua KONI Makassar, Ahmad Susanto, menjelaskan, test fisik ini akan dilaksanakan selama dua hari di Laboratorium Fakultas Ilmu Keolahragaan Iniversitas Negeri Makassar (UNM) mulai Hari Sabtu-Minggu, tanggal 21-22 Mei 2022.
“Test fisik ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi atlet sebelum memasuki training center (TC) jelang pelaksanaan PORPROV yang akan berlangsung bulan September nanti,” kataAhmad Susanto kepada wartawan saat ditemui di Kantor KONI Makassar, Selasa (17/5/2022).
Dia menjelaskan, test fisik ini bermanfaat bagi pelatih untuk mengukur kemampuan dan stamina atlit, sehingga pelatih dapat meningkatkan performa atlit sebelum bertanding.
Ahmad Susanto juga menjelaskan, bahwa target KONI Makassar pada Porprov mendatang adalah meningkatkan perolehan medali dan mencetak prestasi regional dan nasional bagi para atlit dari semua Cabor yang akan turun pada Porprov mendatang.
“Untuk meraih prestasi, performa atlit harus benar-benar terjamin dan tugas kami menjaga performa dan stamina atlis sebelum berlaga,” ujarnya.
Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) KONI Kota Makassar, Arianto Najib, menambahkan, tes parameter bagi para atlet tersebut merupakan tahap awal yang harus dilalui untuk melihat kemampuan fisik dan melihat sejauh mana hasil latihan yang sudah dicapai selama program latihan.
“Melalui tes parameter ini, kami akan melihat sejauh mana keberhasilan program latihan para atlet,” pungkasnya. (andi esse)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini