Tanggapi Survei LKP Soal Balon Wali Kota Parepare, Pakar Komunikasi Politik Unhas, Hasrullah: Wajar TQ Tertinggi Tapi Mana Figur Mudanya

Pakar Komunikasi Politik Unhas, Dr Hasrullah MA. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Pakar Komunikasi Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas), Dr Hasrullah, MA menanggapi hasil survei yang dirilis Lembaga Kajian Pembangunan (LKP) yang memotret elektabilitas tiga bakal calon wali kota Parepare Taqiuddin Djabbar (TQ), Erna Rasyid Taufan dan Andi Faisal Sapada.
Menurut Hasrullah, survei LKP terhadap tiga tokoh yang disebut-sebut memiliki kans besar pada Pilwalkot Parepare 2024 mendatang yang menempatkan TQ pada peringkat pertama disusul Erna Taufan dan Faisal Sapada, hasilnya sudah wajar dan memang sudah seperti itu.
“Ya wajar sih kalau TQ mendapat dukungan tertinggi jika Pilwalkot dilaksanakan hari ini. Tapi karena Pilwalkot masih lama, semestinya LKP juga merekam survei tokoh muda yang punya potensi di Parepare, kan banyak politisi muda yang juga berpotensi, minimal disandingkan menjadi wakil atau 02,” kata Hasrullah kepada Jurnalis media ini, Jumat (18/11/2022).
Wakil Dekan III Fisip Unhas ini, mengungkapkan, bahwa di kota Parepare, ada beberapa politisi muda yang punya prestasi yang saat ini memiliki peran strategis sebagai Anggota DPRD, salah satunya, kata dia, Tasmin dan Bambang.
Ia menyarankan, bahwa ke depan, TQ atau siapapun nanti yang memiliki peluang memimpin Parerpare ke depan, harus menarik tokoh muda yang punya potensi melanjutkan regenerasi di masa akan datang.
Hasrullah juga mengatakan, upaya Demokrat memunculkan TQ di Parepare merupakan move cerdas untuk mengangkat kembali pamor TQ di Parepare, karena TQ merupakan pemain lama di Pilwalkot, memiliki pendukung setia sampai sekarang.
“Sudah tepat menarik TQ sebagai kader partai, karena TQ kan pemain lama yang punya pengalaman dan pengikut yang besar. Pengaruhnya masih kuat. Meski begitu harus tetap sandingkan dan berkolaborasi dengan generasi baru, meskipun usia TQ masih relatif muda,” ujarnya.
Sebelumnya, Direktur Program LKP, M Asrul, S.Pd mengatakan, ada tiga nama yang disurvei dalam simulasi tertutup tiga nama. Mereka yakni Taqiuddin Djabbar (Demokrat), Erna Rasyid Taufan (Golkar) dan Andi Faisal Sapada (NasDem). Hasilnya: Taqiuddin Djabbar: 32,1 persen
Ernawati Taufan: 27,5 persen dan Andi Faisal Sapada 26 persen. Tidak tahu/tidak jawab: 14,4 persen.
LKP mengungkapkan, TQ mendapat dukungan tinggi yang terekam dalam surveinya, setelah TQ eksis kembali di Parepare dan menjadi kader Partai Demokrat. (roma)