Ceramahi AHY Soal Cawapres, Ruhut Sitompul Disemprot Warga Net: Dasar Penjilat!

menitindonesia, JAKARTA – Bekas politisi Demokrat–yang dikenal jago menjilat–Ruhut Sitompul yang kini jadi politisi PDI Perjuangan, kena semprot warga net setelah menyoroti rencana Partai Demokrat mengusung AHY sebagai Cawapresnya Anies Baswedan yang diusung koalisi perubahan, NasDem, Partai Demokrat dan PKS.
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), secara tersirat, mengatakan koalisi perubahan diwujudkan jika tak menetapkanbakal calon wakil presiden yang mendampingi Anies Baswedan.
Dari pernyataan AHY di publik, ada kesan secara tersirat, jika Partai Demokrat akan mundur dari koalisi jika tidak mengusung AHY sebagai Cawapres.
Untuk saat ini, survei AHY sebagai bakal calon wakil presiden masih yang tertinggi dibanding nama calon wapres yang sering ditonjolkan oleh NasDem maupun PKS.
“Karena dua ‘partai politik’ saja nggak jalan, Pak Anies pun nggak akan jalan. Satu tidak bersama dalam koalisi ini, ya nggak jalan,” tegas AHY.
Putra sulung Presiden RI ke-6, SBY itu, mengatakan, bahwa pihaknya tak ingin banyak bicara. Sebab kata AHY, diantara tiga partai (NasDem, Demokrat dan PKS) tidak bersepakat, maka koalisinya pasti bubar.
“Ya tentu selalu ada opsi buat yang lainnya,” lanjutnya.
Menanggapi hal itu, Ruhut Sitompul mengungkapkan jika seorang politisi yang hendak menjadi presiden harus melewati tahap sebagai calon presiden, tidak bisa ujug-ujug menjadi presiden.
“Ha ha ha ga’benar Bakal Calon terusssssss dong, mau’ jadi Presiden RI tahapannya harus jadi Calon dulu,” kata Ruhut melalui akun Twitter-nya @ruhutsitompul seperti dikutip pada Rabu (25/1/2023).
Ruhut–yang pernah menjadi kader Demokrat di era Presiden SBY menjabat, lalu setelah era Jokowi, pindah menjadi kader Kader PDI Perjuangan ini–pun lantas mengujarkan bahwa apa yang sebelumnya ia katakan mengenai Anies ataupun AHY akan menjadi kenyataan.
“Jadi apa yang aku katakan benar, bakal calon sampai Pilpres selesai sudah itu. Ngangon kambing bungkus. Merdeka,” pungkasnya.
Cuitan Ruhut itu pun menjadi sorotan warga net. Beragam komentar dilontarkan warganet dalam twit ini. Tak sedikit warganet yang memojokkan Ruhut.
“Kamu dulu menyekolahkan anak-anakmu dan memberikan nafkah istrimu hasil dari Demokrat,” kata warganet.
Bahkan yang lain sempat mengungkit, saat Ruhut aktif menjilat di Demokrat. “Dulu kau yang menjilatnya, sekarang kau yang mencelanya,” ujar warga net. (roma)