10 Keuntungan Investasi Logam Mulia

Logam Mulia
menitindonesia, ADVERTORIAL – Kini, ada banyak jenis investasi yang berkembang di masyarakat. Mulai dari reksadana, saham, hingga properti berupa bangunan juga tanah. Namun, dari semua investasi yang ada, logam mulia jadi salah satu investasi pilihan untuk mewujudkan impian Anda. Mulai dari logam mulia 0.001 gram hingga puluhan gram pun tersedia. Bahkan, Anda tak perlu lagi membeli logam mulia secara offline di toko emas, Anda juga bisa membelinya secara online di Blibli yang terpercaya, aman, dan tentunya dengan harga bersaing. Investasi logam mulia tak hanya mudah, tapi juga cenderung stabil bahkan tak tergerus inflasi sehingga Anda bisa tetap mempertahankan nilai jualnya dan cocok untuk investasi jangka pendek seperti 1-5 tahun. Masih ada banyak manfaat investasi logam mulia lainnya yang penting untuk diketahui. Berikut penjelasannya!
Manfaat Investasi Logam Mulia
1. Berisiko Rendah
Salah satu keuntungan berinvestasi emas ialah memiliki risiko rendah. Hal ini karena logam mulia cenderung stabil dibandingkan nilai mata uang yang lebih cepat tergerus inflasi. Bahkan, tren investasi emas juga cenderung meningkat selama terjadi inflasi. Jika Anda berpikiran untuk menabung untuk tujuan jangka pendek hingga sedang yakni kurun waktu 5-10 tahun maka investasi emas bisa jadi alternatif terbaik. Jangan lupa untuk terus mengecek dan memantau harga emas karena akan berubah-ubah setiap harinya.
2. Kemurnian Emas Terjaga
Nilai jual emas tentu dipengaruhi oleh tingkat kemurniannya. Semakin tinggi kadar kemurniannya, maka akan semakin besar pula keuntungan atau penjualan yang diperoleh. Oleh sebab itu, disarankan untuk berinvestasi emas dalam bentuk logam mulia dibandingkan perhiasan emas yang memiliki nilai jual lebih rendah. Misalnya, pada emas ANTAM LM memiliki kemurnian 999.9 yang terjamin dari London Bullion Market Association, atau LBMA. Emas Antam juga dibuat dengan teknologi CertiCard yang berlapis untuk menjaga kemurniannya.
3. Mudah Dibeli
Jika investasi saham membutuhkan aplikasi atau pengetahuan agar bisa mendapat keuntungan, maka tidak dengan investasi emas. Anda tak membutuhkan perantara siapapun saat berinvestasi. Anda hanya perlu datang ke gerai toko emas lalu bertanya pada staf toko tersebut lalu membelinya langsung. Prosedurnya pun juga sangat mudah yakni hanya membutuhkan KTP dan NPWP. Selain datang langsung ke gerai, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online di Blibli. Harga emas 0,001 gram pun dibanderol mulai puluhan ribu saja.
4. Mudah Dijual dan Likuiditas Tinggi
Permintaan pembelian emas memiliki tren yang selalu meningkat sehingga mudah dijual. Kondisi ini membuat emas sebagai aset yang likuid. Keberadaan toko emas pun sudah menjamur sampai pelosok Indonesia sehingga mudah mencairkannya kembali atau menjualnya lagi menjadi uang untai saat dibutuhkan.
5. Sebagai Penyeimbang Devaluasi Mata Uang
Ketidakpastian ekonomi menyebabkan mata uang kehilangan nilainya. Terlebih ketika mata uang dicetak sesukai hati. Namun, berbeda dengan emas yang tak bisa diproduksi sebanyak uang dan menggunakan mesin sehingga melindungi para investornya dari devaluasi mata uang.
6. Mudah diperjualbelikan
Emas tergolong sebagai investasi jangka pendek dan menengah sehingga mudah diperjualbelikan karena memiliki kemampuan mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Selain itu, emas juga mampu bertahan dari ketidakpastian finansial yang turun naik. Oleh sebab itu, banyak negara percaya bahwa memiliki investasi atau cadangan yang besar mampu digunakan untuk memerangi berbagai situasi.
7. Modal Kecil
Tak butuh modal jutaan untuk memulai berinvestasi emas. Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Saat ini banyak pihak penyedia investasi emas yang memungkinkan investor untuk memulai pembelian logam mulia hanya dengan uang kurang dari Rp 10 ribu yakni 0,001 gram emas. Harga ini tentu terjangkau dibandingkan investasi jenis lainnya yang biasa dilakukan oleh pemula.
8. Bebas Pajak dan Bunga
Hingga kini investasi emas cenderung masih bebas pajak. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Selain itu, investasi jenis ini juga tak dipungut bunga hanya perlu membayar administrasi dan penitipan saja. Besaran biaya adminnya pun berbeda-beda sesuai dengan kebijakan perusahaan penyedia layanan dan penyimpanan.
9. Bisa Jadi Dana Darurat
Emas termasuk dalam investasi jangka panjang sehingga keuntungan yang didapatkan pun bisa stabil dan cepat. Lebih lanjut, investasi emas memang lebih menjanjikan karena stabil dan risiko kerugiannya pun sangat kecil. Oleh sebab itu, investasi emas bisa jadi dana darurat di masa depan.
10. Ada Banyak Pilihan Investasi
Investasi emas bisa disesuaikan dengan budget sehingga tak perlu biaya besar untuk memulai investasi atau menunggu banyak uang. Anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 10 ribu hingga jutaan rupiah sesuai kebutuhan.
Nah, itulah serba serbi investasi emas. Yuk, mulai berinvestasi emas dengan membelinya secara offline di gerai terdekat atau online melalui Blibli yang terpercaya serta banyak promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. (*)