Tiga Besar Seleksi Lelang Jabatan Sekda Sulsel, Gubernur Andi Sudirman: Kita Mau Yang Berkinerja Baik dan Paham Masalah di Sulsel

Tiga besar calon Sekda Sulsel. (ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Ketua Tim Seleksi (Timsel) lelang jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Selatan Prof Murtir Juddawi, menyampaikan bahwa dari 10 nama peserta yang diseleksi, telah usai dilakukan penilaian dan perangkingan, sehingga dapat ditentukan untuk urutan satu, dua dan tiga (tiga besar) calon Sekda Provinsi Sulsel.
BACA JUGA:
Bantu Anggota Yang Kesusahan, Kapolda Sulsel Tuai Simpati Warga, Syamsir Anchi: Harus Ditauladani Para Pemimpin
“Dari 10 peserta, dengan nilai akhir masing-masing dan telah dilakukan perangkingan, maka keluar tiga besar, yaitu Dr Andi Taufik, Dr Muhammad Iqbal, dan Sukarniaty Kondolele,” kata Prof Murtir Jeddawi kepada wartawan di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (13/3/2023).
BACA JUGA:
Jalan Pagi, Gubernur Andalan Bantu Ibu Perbaiki Ban Mobil Bocor
Penilaian yang dilakukan, lanjut Prof Murtir, berupa assessment test, rekam jejak, penilaian makalah, dan test wawancara.
“Tiga nama calon Sekda ini selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Nanti Gubernur akan memilih salah satu dari 3 besar calon Sekda tersebut,” ujar Prof Murtir Juddawi.

Dia pun menjelaskan, semua proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya Sekda Sulsel ini berjalan lancar.
Deketahui, seleksi lelang jabatan pimpinan tinggi madya Sekda Sulsel dilakukan setelah Abdul Hayat Gani diberhentikan sebagai Sekda Sulsel sesuai surat Keputusan Presiden bernomor 142/TPA Tahun 2022 yang ditetapkan di Jakarta tertanggal 30 November 2022.
Andi Sudirman lalu menunjuk Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sulsel, Aslam Patonangi untuk mengisi sementara posisi Sekda Sulsel. Aslam dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekda Sulsel pada Jumat (13/1/2023), lalu.
Sementara itu, sebelumnya, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan kriteria calon Sekda yang diinginkannya, ialah yang berkinerja baik, memiliki integritas dan track record yang baik, serta benar-benar memahami persoalan di Sulsel.
“Kita butuhkan Sekda Sulsel yang berkinerja baik, beritegritas dan paham masalah-masalah yang ada di Sulsel,” ujar Andi Sudirman Sulaiman.
Berikut 3 nama calon sekda yang lolos dan akan diserahkan ke Gubernur.
1. Andi Taufik, Jabatan: Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan. Instansi: Lembaga Administrasi Negara
2. Muh Iqbal Suhaeb, Jabatan: Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan. Instansi: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan
3. Sukarniaty Kondolele, Jabatan: Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Instansi: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. (*)