Andi Sudirman Sulaiman Bantu Proses Evakuasi 16 WNI Asal Sulsel dari Sudan

menitindonesia, MAKASSAR – Sebanyak 16 warga negara Indonesia (WNI) asal Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil melalui tahap evakuasi pertama dari Sudan, Jumat (28/4/2023).
Kedatangan mereka disambut langsung Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan pejabat lain di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Pemprov Sulsel melalui Kepala Badan Penghubung Jakarta memutuskan 16 orang tersebut diinapkan di Kantor Penghubung Jakarta untuk sementara.
Rencananya, 11 orang di antaranya akan diberangkatkan ke Makassar esok hari menggunakan biaya dari Pemprov Sulsel. Mereka adalah warga yang berasal dari Kabupaten Luwu Timur, Kota Palopo, Kabupaten Enrekang, dan Kota Makassar.
Sedangkan 5 orang lainnya akan menempuh jalur mandiri dan akan dijemput di bandara menuju Rumah Jabatan Gubernur untuk diterima langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Setelahnya, mereka akan dijemput oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota terkait.

Setelah mengalami situasi yang sangat sulit di Sudan, salah seorang WNI asal Sulsel mengutarakan rasa syukurnya atas upaya besar yang telah dilakukan oleh Pemprov Sulsel dan pemerintahan pusat.
“Kami penyintas konflik Sudan, mengucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur Sulawesi Selatan. Alhamdulillah saat ini kami sedang berada di Badan Penghubung Sulawesi Selatan,” tuturnya. (*)