KPK Diduga Mau Jerat Mentan SYL, Novel Baswedan: KPK Sekarang Dipimpin Orang Bermasalah

Novel Baswedan. (Copy Int)
menitindonesia, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi diduga keras berusaha menjerat Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran operasional kementerian.
Mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan, mengatakan, jika benar KPK dijadikan alat politik, maka lembaga antirasuah itu tidak bisa lagi dipercaya sebagai penegak hukum.

BACA JUGA:
Dugaan Korupsi Kementan Diselidiki KPK, Ketua FAKK: Tak Percaya SYL Korupsi, Jangan-Jangan Dia Dikriminalisasi

“Kalau ini benar KPK jadi alat politik tentu ini sangat merusak. Kekhawatiran tersebut sangat beralasan, karena KPK sekarang dipimpin oleh orang-orang bermasalah,” kata Novel Baswedan seperti dikutip jurnalis media ini di Jakarta, Rabu (14/6/2023).
Lebih lanjut, Novel menyebut bahwa pimpinan KPK masa bakti 2019-2023 sudah ada yang diganjar sanksi etik oleh Dewan Pengawas, termasuk Ketua KPK sendiri, Firli Bahuri.

BACA JUGA:
Pelapor Dugaan Pelecehan Seksual Ketua Komisi VII DPR Penuhi Undangan MKD

Bahkan, ujar Novel, Dewas KPK saat ini tengah mengusut dugaan dua pelanggaran etik, yakni pembocoran penyelidikan di Kementerian ESDM dan pemberhentian dengan hormat Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Ia berharap, kasus di internal KPK juga diusut.
“Jika kasus korupsi di internal KPK tidak diusut maka sulit bisa percaya terhadap KPK,” ujar Novel. (roma)