Dosen Fakultas Peternakan Unhas Berdayakan Kelompok Tani Ternak di Takalar

Foto: Para Doses Departemen Produksi Ternak berswafoto dengan Ketua dan Anggota Kelompok Tani Manongkoki II, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kab Takalar,. Sabtu (14/10)
menitindonesia, TAKALAR – Sebanyak 20 dosen dari Departemen Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Unhas) Melakukan Pengabdian Masyarakat pada Kelompok Tani Ternak Manongkoki II, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar, Sabtu (14/10/2023), kemarin.
Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi yang rutin dilakukan dosen Fakultas Peternakan Unhas setiap semester. Kegiatan pengabdian ini, dilakukan dalam bentuk penyuluhan “Manajemen Budidaya Ayam Buras dan Petelur”.
BACA JUGA:
Danny Pomanto Bicara Kebijakan Pj Gubernur Bahtiar: Buat Sulsel Berlari Cepat dan Lebih Segar
Adapun ditampilkan sebagai pembicara yakni Dr. Ir. Wempie Pakiding, M.Sc., dan Aplikasi Eco-Enzyme dari Limbah Rumah Tangga pada ternak yang disampaikan oleh drh. Farida Nur Yuliati, M.Si., serta demontrasi Diversifikasi Olahan Daging Ayam (pembuatan Nugget) yang dibawakan oleh Dr. Hajrawati, S.Pt.,M.Si. Peserta kegiatan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.
IMG 20231016 WA0004
Foto: Dr. Ir. Wempie Pakiding, M.S.c., memberikan penyuluhan manajemen Ayam Buras dan Petelur kepada kelompok tani ternak. (ist)
BACA JUGA:
Workshop Operator Aplikasi Inzting Sulsel, Ini Atensi Pj Gubernur Sulsel Bahtiar
Ketua Tim Pengabdian Departemen Produksi Ternak Fapet Unhas, Prof. Dr. Ir. Muhammad Irfan Said, S.Pt.,MP., IPM., ASEAN Eng., berharap masyarakat dengan adanya kegiatan ini, masyarakat lebih memahami dan dapat mengaplikasikan materi dan hasil diskusi pada kegiatan tersebut.
“Kolaborasi dengan akademisi dari Unhas ini, bentuk kepedulian untuk mengembangkan peternakan tropika,” kata Prof Muhammad Irfan Said.
Dia menambahkan, kegiatan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani dalam pemenuhan gizi masyarakat. (asrul nurdin)