Setelah Hanura, Giliran PKB Usulkan Taqiyuddin Djabbar jadi Balon Wali Kota Parepare

FOTO: Tokoh masyarakat Kota Parepare, Taqiyuddin Djabbar saat bersilaturahmi dengan pelaku UMKM di Parepare. (Ist)
menitindonesia, PAREPARE – Nama Taqiyuddin Djabbar atau TQ, belakangan ini santer jadi perbincangan di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan. Setelah DPC Partai Hanura Kota Parepare, menghadirkan TQ pada acara solidaritas untuk warga Gaza, Palestina, sekaligus menjajaki untuk diusung di Pilkada Parepare 2024, mendatang, TQ juga digadang-gadang oleh PKB.
Pada acara silaturahmi dan solidaritas untuk warga Gaza, Ketua DPC Hanura Kota Parapare Hermanto, Senin 20 November 2023, lalu, mengatakan, pihaknya akan mengusulkan TQ ke partainya sebagai salah satu tokoh yang berpotensi untuk diusungĀ  di Pilkada 2024.
BACA JUGA:
Golkar Andalkan Alumni Unhas di Pilgub Sultra 2024, Boge: Kami Targetkan Menang di Pileg Dulu
Setelah Hanura, giliran Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kota Parepare, juga tak mau ketinggalan dalam menjaring balon Wali Kota yang memiliki potensi elektabilitas tinggi. Bahkan, PKB Parepare sudah menyusun draft nama-nama yang dinilai berpotensi menjadi calon wali kota Parepare.
IMG 20231122 WA0001
Foto: Taqiyuddin Djabbar saat menghadiri undangan Ketua DPC Partai Hanura Kota Parepare Hermanto sekaligus bersilaturahmi dengan kader Hanura Parepare dirangkaikan solidaritas untuk Warga Gaza, Palestina. (ist)
Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPC PKB Kota Parepare Taufiqurrahman mengatakan, ada beberapa nama yang rencananya akan diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB melalu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) untuk ditinjau.
BACA JUGA:
Pemprov Sulsel Siapkan Hampir Rp1 Miliar untuk Pengadaan Cadangan Pangan Pemerintah
“Kalau usulan sudah disetujui, barulah dilakukan survei untuk mengukur potensi masing-masing tokoh yang bisa direkomendasikan sebagai calon wali kota nanti,” kata Taufiqurrahman, dikutip dari salah satu media online, Selasa (21/11/2023).
Dari usulan yang disampaikan PKB Parepare ke DPP itu, pada urutan pertama (prioritas) diusulkan nama Taqiyuddin Djabbar dan ada nama H Muhammad Zaini pada urutan 2.
Untuk diketahui, TQ selama ini dikenal sebagai kalangan profesional yang memiliki kemampuan marketing tinggi dan salah satu pimpinan cabang di perusahaan milik H Kalla (Kalla Group).
Selain itu, TQ juga dikenal orang kepercayaan Wapres RI ke 10 dan 12, Jusuf Kalla. Ia pernah diberi amanah sebagai Ketua Tim Ralwan SBY-JK di Sulsel pada Pilpres 2004 dan Ketua Tim Relawan Jokowi-JK di Sulsel pada Pilpres 2014.
Sebelumnya, tokoh masyarakat Kota Parepare, Prof. Hamid Awaluddin, S.H., Ph.D., mengatakan, sosok yang paling tepat memimpin Parepare sebagai wali kota sesudah era Taufan Pawe, adalah figur yang benar-benar mengerti tipografi dan karakter Parepare sebagai kota perniagaan.
“Kalau mau melihat Parepare berkembang, maju dan makmur, ke depan harus dipimpin seorang wali kota yang jago marketing, bisa memasarkan potensi yang ada di Parepare dan mendorong daerahnya maju,” ujar mantan Menteri Hukum dan Ham di era kepresidenan SBY-JK itu. (AE)