Inovasi Pakintaki dan Jampangi Mewakilkan Makassar Gondol Penghargaan IGA 2023

Foto : Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menyerahkan Penghargaan Prestisius Kepada Sekda Kota Makassar, Muh. Ansar yang Mewakili Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto
menitindonesia, JAKARTA – Pemerintah Makassar mengimplementasikan 75 inovasi dengan dua inovasi unggulannya. Pertama, ‘Pakinta’ inovasi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan efisiensi pengelolaan pendapatan daerah.
Selanjutnya, ‘Jampangi’ inovasi dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar, sebuah langkah terobosan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Inovasi ini mencerminkan komitmen Pemkot Makassar untuk terus berinovasi dalam berbagai sektor demi kesejahteraan dan kemajuan kota.
Dengan mengimplementasikan 75 inovasi. Dan dua inovasi unggulan Pemerintah Kota Makassar sehingga Kota Makassar Mewakilkan Sulawesi selatan satu-satunya kota yang meraih penghargaan Kota Terinovatif dalam acara Innovative Government Award (IGA) 2023.
Acara yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) ini berlangsung di Kantor Kemendagri RI, Selasa (12/12/2023) Penghargaan ini diberikan atas prestasi Pemkot Makassar.
Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, secara langsung menyerahkan penghargaan prestisius tersebut kepada Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh. Ansar, yang mewakili Wali Kota Makassar.
Secara terpisah, Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan syukur dan terima kasih atas penghargaan diraih Pemerintah Kota Makassar. Ia menyatakan, prestasi diraihnya akan menjadi dorongan bagi Pemkot Makassar untuk terus berinovasi demi kemajuan kota Makassar.
“Pemerintah Kota Makassar terus berkomitmen untuk berinovasi dalam bentuk digital maupun inovasi non digital guna meningkatkan pelayanan publik, tata kelola pemerintahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan Kota Makassar,” ucapnya.
Selain Kota Makassar, sembilan kota lainnya juga gondol penghargaan Kota Terinovatif, seperti Mojokerto, Mataram, Bekasi, Semarang, Cimahi, Palembang, Sawah Lunto, Bandar Lampung, dan Pariaman.
Dengan adanya penghargaan ini, diharapkan kota Makassar dapat menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia dalam menerapkan inovasi untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan. (*)