Longsor di Sinjai, Kondisi Jalan Amblas dan Tebing Melorot

menitindonesia, SINJAI – Musibah tanah longsor kembali terjadi di Sulawesi Selatan. Kali ini terjadi di Kabupaten Sinjai, peristiwa alam itu terjadi saat curah hujan tinggi pada Minggu Sore (3/3/2024), sekira pukul 05.30 WITA.
Informasi PUSDALOPS BPBD, Kabupaten Sinjai menyebutkan bahwa peristiwa tanah longsor terjadi tepatnya di Desa Gattarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, sementara pertama kali longsor terjadi pada pukul 11. 15 WITA.
PUSDALOPS BPBD menyebutkan, penyebab longsor akibat curah hujan tinggi yang berdampak pada gorong-gorong yang ada di bawah jalan tak mampu menampung debit air hingga meluap naik ke jalan, kemudian longsor susulan terjadi meluluhlantakkan bronjong penahan tebing melorot. Begitu pun kondisi 1/2 badan jalan amblas.
Adapun kondisi lokasi dilaporkan, sebagian badan jalan mengalami longsor sepanjang 25 meter dengan ketinggian 10 meter, Bronjong Penahan tebing melorot ke jalan sehingga pengendara tak bisa melintas. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.
Pihak PUSDALOPS BPBD Sinjai melakukan upaya dengan melaporkan kejadian ini ke Pusdalops Provinsi Sulsel dan BNPB, kemudian berkoordinasi dengan Kasat Lantas Polres Sinjai untuk dilakukan pemasangan Police Line dan tanda peringatan kepada pengguna jalan, selain itu mengimbau pengguna jalan agar berhati hati melintasi di area tersebut karena di khawatirkan terjadi longsor Susulan.
Sebelumnya longsor terjadi di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, longsor di wilayah itu menelan sejumlah korban jiwa. Belum lama ini juga Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin telah mengeluarkan imbauan kepada warga untuk berperan aktif melakukan gotong royong guna mengantisipasi musibah alam di musim penghujan. (*)