La Nyala Dipuji Setelah Menegur Menhan Prabowo Subianto

Ketua Dewan Perwakil Daerah, La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Ist)
La Nyalla top – Banyak yang mendukungnya karena melayangkan kritik dan teguran kepada Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. “Saya ingatkan Prabowo, agar memperhatikan masalah kedaulatan negara. Segera benahi sistim keamanan di laut,” kata La Nyalla Mahmud Mattalitti.
menitindonesia, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, menegur keras Menteri Pertahanan, Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto terkait insiden kapal China yang menyusup ke perairan Indonesia.
Menurutnya, peristiwa tersebut menunjukkan kelemahan pertahanan negara dalam menghadapi ancaman dari luar, sehingga dia meminta Menhan Prabowo agar concern pada tugas pokoknya.
“Masuknya kapal survei China ke Perairan Indonesia di Selat Sunda, harus menjadi concern Kementerian Pertahanan. Masuknya kapal tersebut tanpa terdeteksi adalah warning bagi pertahanan kita,” kata La Nyalla dalam keterangan, Minggu (17/1/2021).
Dia mengingatkan Prabowo, agar memperhatikan hal tersebut. Sebab, kata dia, masalah pertashanan sangat penting diperhatikan lantaran berkaitan dengan kedaulatan Indonesia.
“Sekali lagi saya ingatkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ini sangat penting untuk diperhatikan karena menyangkut teritori dan kedaulatan negara,” tegas La Nyalla.
LaNyalla berharap pemerintah segera membenahi sistem keamanan laut Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia seharusnya memiliki armada laut yang kuat untuk memantau seluruh areal perairannya.

Kritik La Nyalla itu, disambut banyak orang. Salah satunya disampaikan oleh pakar politik dan hukum Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam.

Menurut Saiful, tugas LaNyalla sebagai wakil rakyat di DPD memang untuk mengingatkan lembaga negara, termasuk Kementerian Pertahanan yang bertugas menjaga kedaulatan negara. Jadi, kata dia, sudah tepat jika La Nyalla mengkritik ketidakberesan kerja dari Prabowo Subianto.
“Mestinya suara-suara yang mengarah kepada kritik, saran dan masukan yang membangun itu lebih banyak muncul dari wakil rakyat, karena memang tugas dan tanggung jawabnya adalah demikian, bukan justru diam melihat fenomena ketidakberesan,” ujarnya.
Saiful mendukung sikap La Nyalla yang mengkritik Prabowo. Bahkan, dia juga memuji sikap tegas La Nyalla yang menegur Menteri Pertahanan itu. “Kita harus bangga punya perwakilan seperti La Nyalla,” ujar Saiful. #adezakaria


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini