Curah Hujan Tinggi, Plt Gubernur Sulsel Perintahkan Siaga Bencana Banjir

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. (Foto: Ist_Ade)
menitindonesia, MAKASSAR -Plt Gubernur Sulawsi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, menginstruksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan untuk siaga mengantisipasi bencana banjir.
“Curah huja dua hari berturut-turut tinggi, debit air naik, jadi saya instruksikan BPBD dan Dinas Sosial untuk siaga banjir, harus siap dan siaga karena cuaca ekstrim,” kata Andi Sudirman, Rabu (10/3/2021).
Sudirman juga meminta daerah yang sering dilanda banjir, seperti Makassar dan Maros agar siap melakukan antisipasi. Karena kalau debit air naik dan seperti biasanya bendungan Bili-Bili harus dibuka sehingga rawan banjir di wilayah Maros dan Makassar.
Ia juga sudah memerintahkan BPBD segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang untuk mengetahui kondisi Bendungan Bili-Bili.
“Harus dipantau terus perkembangan dan koordinasi dengan Kepala Balai BBWS-JP untuk elevasi sungai dan bendungan,” ujarnya.
Sermentara itu, diketahui dari pantauan menitindonesia, batas normal debit air di Bendungan Bili-Bili sudah melawati ambang batas volume air. Elevasi bendungan sudah berada di angka (vol =259.375 juta m3). (andi ade zakaria)