Mengenang Hari Lahir Bung Karno 120 Tahun Lalu, Soekarno-Hatta Jadi Pahlawan Nasional di Era Presiden SBY

Presiden RI ke-6 SBY saat memberikah penghargaan dan penganugrahan Pahlawan Nasional kepada Soekarno Hatta, 7 Juni 2012 di Istana Negara. (Foto: Doc_SBY)
menitindonesia, MAKASSAR – Hari ini, 6 Juni 2021, tepat 120 tahun yang lalu putra Sang Fajar, Soekarno, lahir.
Memperingati hari lahir Presiden RI pertama, sebuah Twiter Komunitas Indonesia Bersatu @KIBCentre mengunggah video momen Presiden ke 6 RI Soesila Bambang Yudhoyono (SBY) menganugrahi Presiden Soekarno sebagai Pahlawan Nasional, di Istana Negara, pada tanggal 7 November 2012.
Penghargaan tesebut diberikan Presiden SBY kepada purta sulung Bung Karno, Guntur Soekarno Puta yang didampingi oleh adik perempuannya, Megawati Soekarnoputri.
Dalam sambutannya saat itu, Presiden SBY mengatakan, alasan pemerintah menganugrahkan gelar Pahlawan Nasional kepada dua proklamtor bangsa, yakni Bung Karno dan Bung Hatta, untuk memberi penghormatan atas jasa-jasa kedua almarhum seasa hidupnya dalam mempertahankan NKRI.
“Keduanya merupakan putra-putra terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia,Sejarah mencatat, bahwa Bung Karno dan Bung Hatta telah mendarma baktikan hidupnya dalam perjuangan untuk mewudjan Indonesia merdeka,” kata SBY, ketika itu.
Dia juga menegaskan, bahwa keduanya merupakan simbol perlawanan terhadap sebuah penjajahan.
“Keduanya juga menjadi sumber inspirasi dan kekuatan bagi seluruh bangsa Indonesia di seluruh pelosok negeri untuk bangkit dan bersatu membela, merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan pengorbanan harta benda,” pungkas SBY. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini