Redam Perang Kelompok di Wilayahnya, Camat Ujung Tanah Minta Dibangunkan Sarana Olahraga

Camat Ujung Tanah Andi Unru bersama jajaran kepolisian dan TNI rapat bersama mencari solusi meredam perang kelompok di Ujung tanah. (Foto: ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Camat  Ujung Tanah, Andi Unru, meminta Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kota Makassar, agar segera membangunkan Gedung Olah Raga (GOR) di wilayah Kecamatan Ujung Tanah.
Andi Unru menjelaskan, pembagunan GOR yang diusulkannya itu sebagai solusi untuk meredam perang kelompok yang kerap terjadi dan menimbulkan korban jiwa.
“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Dispora agar memasukkan dalam rencana kegiatan anggarannya pembangunan sarana olah raga di Kecamatan Ujung Tanah, sebagai wadah menjalin hubungan emosional antar warga,” kata Andi Unru saat dihubungi, Selasa (13/7/2021).
Dia menjelaskan, dengan adanya GOR, maka warga akan sering bertemu dan melakukan olah raga bersama, sehingga dari situ timbul kedekatan emosional atar warga yang juga akan menimbulkan rasa persaudaraan.
“Kalau warga secara emosional dekat, ini bisa menghilangkan permusuhan dan perang kelompok antar warga dengan sendirinya juga akan hilang,” ucapnya.
Menanggapi maraknya perang kelompok di wilayahnya, Andi Unru menjelaskan,pihaknya menggelar rapat bersama Kepolisian dari Polresta Pelebuhan dan Polsek Ujung Tanah, TNI dari Kodim dan Koramil, serta tokoh-tokoh untuk masyarakat bersama-sama mencari solusi menghentikan perang kelompok yang sering terjadi.
“Kami minta pihak keamanan agar menambah jumlah personil yang berjaga-jaga di wilayah kejadian, dan syukurnya disetujui, dan sekarang prlahan-lahan sudah bisa diatasi,” ucap Andi Unru
Selain itu, kata dia, peran warga di lingkungan juga sangat penting digerakkan, karena perang kelompok antara warga Cambayya dan Barukang sering dijadikan tontonan bagi warga sekitar.
“Diminta warga yang wilayahnya sering menjadi arena perang, agar proaktif melaporkan pada petugas bila melihat gejala terjadinya perang kelompok, bukan malah menjadikannya tontonan,” pungkasnya. (andi ade zakaria – rls)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini