Bupati Pinrang Minta Bulog Siapkan Gudang Penampung Stok Padi Petani

Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid bersama Direktur Bisnis Perum Bulog. (Foto: Ist)
menitindonesia, PINRANG – Bupati Pinrang, HA Irwan Hamid meminta pihak Badan Urusan Logistik (Bulog) membangun gudang penyimpanan beras di Kabupaten Pinrang agar dapat menampung stok padi pada petani.
Hal tersebut disampaikan HA Irwan Hamid di hadapan Direktur Bisnis Bulog, Febby Novita, yang hadir di Kabupaten Pinrang bersama Pemimpin Wilayah Perum Bulog Sulselbar, H Bakhtiar AS.
“Kebutuhan Gudang Bulog di Pinrang ini didasarkan pada situasi dimana Kabupaten Pinrang adalah salah satu sentra produksi padi yang ada di Sulsel,” kata Irwan Hamid, Kamis (4/5/2022).
Irwan pun juga berharap, agar pihak Bulog meningkatkan sinergitas dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, tanpa melupakan fungsi Bulog dalam ketersediaan buffer stok pangan nasional.
Sementara itu, Pimpinan Wilayah Bulog Sulselbar H Bakhtiar AS, mengatakan bahwa Pinrang, merupakan salah satu penyuplai beras untuk 17 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.
Di tempat yang sama, Direktur Bisnis Perum Bulog Febby Novita, menambahkan, fungsi Bulog dalam menjaga stok pangan Nasional tentunya tidak terlepas dari peran serta semua pihak terutama Pemerintah dan Masyarakat.
Febby pun mengungkapkan rencananya membangunan rice milling plan. Juga diamengamini permintaan HA Irwan Hamid untuk pembangunan gudang penampung hasil produksi petani di Pinrang.
“Kami sudah lakukan kajian terkait pembangunan rice mining plan ini sejak lama, multiplier effect nya juga sudah kami pikirkan” ujar Febby.
Menanggapi hal tersebut, Irwan berharap sebelum pembangunan rice milling plan ini, Perum Bulog melakukan dialog agar tidak menimbulkan kontradiksi di tengah para pengusaha penggilingan padi.
“Kami berharap sebelum dibangun Perum Bulog membuka pintu dialog agar dapat mengetahui multiplier effect dari rice milling plan ini,” pungkasnya. (andi esse)