Salim Segaf Al Jufri Terima Gelar Bangsawan Marusu Karaeng Manaba, Bupati Maros Tunda Berangkat Ke Yogya

Bupati Maros AS Chaidir Syam hadiri acara adat pemberian gelar karaeng di Balla Lompoa Maros. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Salim Segaf Al Jufri, diberi gelar sebagai I Waliuddin Karaeng Manaba Ri Marusu. Gelar ini diberikan oleh Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja di rumah adat Balla Lompoa Maros, Senin (8/8/2022).
“Arti nama I Waliuddin Karaeng Manaba Ri Marusu, yakni orang terpuji, pembela agama, bergelar karaeng dan memegang teguh kebenaran,” kata Abdul Waris Tajuddin Karaeng Sioja.
Abdul Waris yang juga dikenal sebagai Karaeng Marusu ini, menuturkan, bahwa pemberian gelar karaeng dari pihaknya, tidak diberikan kepada sembarang orang, karena proses dan kriterianya sangat panjang.
“Untuk Salim Segaf Al Jufri, kriterianya sudah pas dan berhak menyandang gelar Karaeng Manaba ri Marusu,” ujarnya.
Pemberian gelar Karaeng kepada Salim Segaf Al Jufri, kata dia, sudah melalui proses pertimbangan dan saran kader PKS dan Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief.
“Berdasarkan saran dan masukan Muzayyin Arif, kami menggelar tudang sipulung bersama pemangku adat, kami berikan gelar kebangsawanan kepada Salim Segaf Al Jufri,” ungkap Abdul Waris Tajuddin.
Sementara itu, Salim Segaf Al Jufri, di tempat yang sama, mengatakan, bahwa dirinya sangat terharu mendapatkan gelar kebangsawanan dari keturunan Raja Marusu yang diterimanya melalui seremoni adat setempat.
“Saya akan jaga amanah yang diberikan ini, terima kasih ini kebangaan tak terkira,” ujar mantan Menteri Sosial era Presiden SBY-JK ini.
Pada acara pemberian gelar bangsawan kepada Salim Segaf itu, juga turut hadir Bupati Maros, Andi Syafril Chaidir Syam.
“Meskipun ada acara di Yogyakarta, saya harus tunda karena ada kunjungan tokoh bangsa, yakni Salim Segaf Al Jufri ke Kabupaten Maros, saya harus menghadiri acara adat yang diikuti beliau,” pungkasnya. (asrul nurdin)