DCM Binaan Dispora Makassar Raih Juara Umum Piala Kemenpora

FOTO: DCM binaan Dispora Makassar juara umum PCM Piala Kemenpora.
menitindonesia, MAKASSAR – Meskipun sempat vakum selama 2 tahun karena pandemi covid-19, kompetisi kejuaraan marching band bertajuk Phinisi Marching Competition (PMC) kembali digelar di GOR Universitas Hasanuddin, Kampus Tamalanrea selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 9-10 September 2023.
Kompetisi ini, diikuti sebanyak puluhan kontestas dari berbagai wilayah di Sulsel. Keluar sebagai juara umum dari berbagai kategori yang diperlobakan, yakni Drum Corps Makassar (DCM) binaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar.
Koordinator Umum DCM Andi Muhammad Yusuf mengatakan, pihaknya akan mengusahakan DCM bisa diikutkan berbagai event atau kompetisi yang lebih bergengsi di Indonesia.
“Rencananya setelah ini, DCM akan mengikuti kompetisi PCM di luar Makassar, misalnya Hamengkubowono Cup di Yogyakarta. Event ini sangat bergengsi,” kata Andi Muh Yusuf.
Ia mengungkapkan, meskipun DCM baru terbentuk sejak tujuh bulan lalu, namun DCM akan aktif mengikuti berbagai kompetisi, baik yang dilaksanakan di Sulsel maupun kompetisi nasional dan internasional.
“Ini baru pertama kami ikuti sejak terbentuk 7 bulan lalu. Dari sini kami mengukur kemampuan anak-anak nanti untuk mengikuti event yang lebih bergengsi lagi,” katanya. “Kami sudah mengukur kemampuan mereka.”
Lebih lanjut Andi Muh Yusuf mengatakan, formasi DCM sekaran masih midle, sehingga pihaknya merencanakan melakukan prekrutan sekitar 150 anggota lagi. “Keanggotan yang ada sekarang baru sekitar 65, terdiri dari anak SMP, SMA dan umum di Kota Makassar. Tahun depan kita rekrut anggota baru, karena sekarang masih midle, sekitar 150 orang lagi,” ujar dia.
Sementara itu, Kadispora Sulsel Andi Pattiware Bau Djemma mengatakan, Dispora Makassar berencana menggelar event marchine band berskala nasional di Kota Makassar. “Kita koordinasikan dulu dengan beberapa pegiat marchine band lokal dan nasional dulu. Karena eventnya skala nasional,” ujar Andi Pattiware. (*)