Mahfud MD Rencana Mundur di Kabinet, Jokowi dan AHY Bicara Empat Mata di Yogyakarta

FOTO: Jokowi dan AHY bicara empat mata dengan Ketum Partai Demokrat AHY di sebuah cafe di Yogyakarta. (ist)
menitindonesia, YOGYAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di sebuah kedai di Kota Yogyakarta, hari Minggu pagi ini, (28/1/2024).
Tampak keduanya duduk saling berhadapan, bicara empat mata. Jokowi mengenakan kaos hitam lengan panjang dan AHY mengenakan kaos lengan pendek warna biru. Keduanya terlihat berbicara serius.
BACA JUGA:
Pemkab Soppeng Terima Bantuan dari Pemprov Sulsel Rp2 Miliar untuk Rumah Tangga Miskin
Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Andi Arief membenarkan pertemuan keduanya. “Ketum AHY dan Presiden Jokowi bertemu di Jogya, pagi ini,” kata Andi Arief.
Mengenai isi pertemuan tersebut, menurut Andi keduanya melakukan pertemuan dan diskusi biasa, karena kebetulan sama-sama sedang berada di Yogyakarta. “Kebetulan ada agenda Pak Jokowi di Yogya dan AHY berkegiatan di Yogya dan Semarang. Bertemu berdiskusi biasa,” ujar Andi Arief.
BACA JUGA:
Data Base dan Member RPGM se-Indonesia Suara Milenial untuk Prabowo-Gibran Telah Mencapai 12 Juta
Sebelumnya santer beredar kabar Mahfud MD bakal mundur dari Kabinet karena ingin lebih leluasa mengeritik pemerintahan Jokowi. “Pada saat yang tepat nanti, pasti akan mengajukan pendunduran diri secara baik-baik,” ujar Mahfud pada diskusi “tabrak Prof!”, dikutip Sabtu (27/1).
Setelah Mahfud menyampaikan rencananya mengundurkan diri, santer beredar kabar nama AHY disebut-sebut bakal mengisi posisi Menkopolhukam yang ditinggalkan Mahfud MD.
Sumber di Istana mengatakan, bahwa jika Mahfud benar-benar mengundurkan diri, ada beberapa nama yang bakal mengisi posisi Mahfud, yakni AHY atau Sjafrie Syamsuddin. “Soal apakah AHY atau Syafrie Syamsuddin atau yang lain, adalah hak prerogatif Presiden, kita tunggu saja seperti apa dinamikanya ke depan,” ujar sumber tersebut. (AE)