Didampingi Plt Gubernur Sulsel, Presiden Resmikan Bandara Tana Toraja

Presiden Jokowi didampingi Plt Gubernur Sulsel meresmikan Bandara tana Toraja. (Foto: Ist_Menit)
menitindonesia, TANA TORAJA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penggunaan Bandara Tana Toraja, Sulawesi Selatan yang dibangun dengan biaya Rp800 miliar, di Kecamatan Mangkengdek, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (18/3/2021).
Jokowi mengatakan dalam sambutannya, setiap enam bulan ia selalu menanyakan kepada Menteri Perhubungan RI Ir Budi Karya, kapan Bandara di Toraja selesai dan bisa dioperasikan.
“Hasilnya, hari ini bisa diresmikan dan sudah bisa operasi. Bandara ini menelan biaya Rp800 miliar dan memiliki runway yang memotong bukit sepanjang 2000 meter,” kata Jokowi.
Presiden menambahkan, setelah ada Bandara Tana Toraja tersebut, mobilitas orang akan semakin cepat dan tidak lagi memakan waktu hingga 9 jam jika melakukan perjalanan ke Makassar. “Sekarang cukup 50 menit saja ke Makassar,” ucapnya.
Jokowi juga berharap, bandara tersebut bisa menjadi konektivitas yang menghubungkan antar wilayah di nusantara dan bisa berdampak pada Pariwisata di Toraja. “Dari Bali, orang sudah bisa langsung ke Toraja,” ujar Presiden.
“Saya berharap adanya Bandara Toraja bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan bisa menyerap banyak lapangan kerja,” kata Jokowi.
Setelah menyampaikan sambutannya, Presiden memukul gendang yang telah disiapkan sebagai tanda diresmikannya Bandara Tana Toraja dan sekaligus menandatangani prasasti peresmian didampingi oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.
Turut hadir mendampingi Presiden dalam kunjungannya ke Sulawesi Selatan, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya dan Mensekneg Pratikno. Hadir juga Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.
Diketahui, di tempat yang sama, Presiden juga meresmikan Bandar Udara Pantar, Alor, Nusa Tenggara Barat. (roma)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini