Pemkot Makassar Capai Nilai Tertinggi Komitmen Majukan UMKM, Sandiaga Uno: Ini Prestasi yang Sangat Berarti Bagi Pemulihan Ekonomi

Menko Marives, Luhut Binsar Panjaitan memberi selamat kepada Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. (Foto: Ist)
menitindonesia, DENPASAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mereih nilai komitmen tertinggi ke-2 tingkat Kabupaten dan Kota di Indonesia pada acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri yang diadakan oleh Kementerian Perindustrian RI, di Nusa Dua, Bali, selama tiga hari, Selasa-Kamis (23-24/3/2022).
Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto, mengungkapkan, capaian komitmen tertinggi ke-2 nasional yang diraih Pemkot Makassar itu, atas penilaian dalam mengoptimalkan anggaran untuk pembelian produk dalam negeri, terutama yang berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
“Alhamdulillah, Pemkot mendapatkan peringkat ke-2 nasional dalam komitmen memberdayakan UMKM, terutama dalam pengoptimalan anggaran membeli produk UMKM,” kata Danny Pomanto melalui keterangannya, Jumat (25/3/2022).
Walikota Makassar dua periode ini menyampaikan, bahwa hasil yang dicapai tersebut dikarenakan semua elemen bekerja dengan aktif meningkatkan ekonomi di Makassar.
“Perangkat Pemkot Makassar, berupaya keras untuk membangun kembali UMKM yang sempat merosot karena adanya Pandemi Covid-19. Kita fokus agar ekonomi di sektor UMKM segera bangkit,” ujar Danny.
Dia menambahkan, seluruh jajaran Pemkot Makassar, yakin mampu menembus target belanja daerah terbanyak pertama dengan pembelanjaan produk lokal dan juga produk dalam negeri.
Turut hadir dalam acara bergengsi di Nusa Dua Bali itu, yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno serta Kepala LKPP, Azwar Anas.
Diketahui, Kementerian Perindustrian menginisiasi penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri ini, sebagai langkah tindak lanjut aksi afirmasi pembelian dan pemanfaatan produk lokal dan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan bentuk dukungan pemerintah kepada industri nasional.
Sementara itu, Menparekraf, Sandiaga Uno, menyampaikan rasa bangganya kepada Pemkot Makassar karena menjadi salah satu daerah yang menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mengoptimalkan anggaran untuk memberdayakan UMKM dan mendorong bangkitnya ekonomi kreatif di Kota Makassar.
“Selamat yah kepada Pemkot Makassar, mendapatkan nilai tertinggi yang punya komitmen membangun ekonomi kreatif dan memajukan UMKM. Ini sangat bermanfaat dalam pemulihan ekonomi di masa Pandemi ini,” pungkasnya. (andi esse)