Instalasi Air Bersih Antang Tutup Sementara, Diduga Ada Sengaja Tumpahi Oli

IPA 3 Antang tercemari tumpahan oli. (Foto Ist)
menitindonesia, MAKASSAR – Pj Direktur Utama Perumda Air Minum (PDAM) Makassar, Beni Iskandar, menyampaikan, saat ini Instalasi Pengelolaan Air Bersih (IPA) 3 Antang untuk sementara waktu tidak dioperasikan, diakibatkan adanya tumpahan oli disaluran Intek Nipa–Nipa, Kecamatan Manggala, Makassar.

Baca juga : Meriah, Gebyar Ramadhan Fair PDAM Makassar, Sajikan Berbagai Jenis Menu Makanan

“Kondisi air bakunya tercemari tumpahan oli sehingga IPA 3 Antang, untuk sementara tidak dioperasikan sampai kondisi air dinyatakan layak untuk diproduksi menjadi air bersih, ” kata Beni Iskandar, Sabtu dini hari (09/04/2022).

Baca juga : PDAM Makassar Bantu Air Bersih Korban Kebakaran Bara-Baraya

Mengenai tumpahan oli tersebut, dia belum bisa menyampaikan apa yang menyebabkan terjadinya tumpahan oli di saluran Intek Nipa-Nipa. Namun, dia sudah menginstruksikan petugas Intek Nipa-Nipa agar terus melakukan pemantauan kondisi air di sana,” ujarnya.
“Belum bisa dipastikan apa penyebabnya, namun petugas di sana sudah saya instruksikan agar melakukan pemantaun kondisi air di Intek Nipa–Nipa, ” ucap Beni.
Namun, dari beberapa sumber di lapangan menyebutkan, adanya indikasi tumpahan oli di saluran air baku, diduga ada faktor kesengajaan yang dilakukan oleh oknum.
“Memang ini baru kali pertama terjadi, tiba-tiba ada oli yang mencemari air baku. Diduga ini dilakukan oleh oknum,” ungkap salah seorang warga yang enggan menyebutkan namanya. (andi esse)