Ketua DPRD Maros Minta Agenda Pilkades Serentak Dilaksanakan Secara Berintegritas dan Transparan

Ketua DPRD Maros, HA Patarai Amir. (Foto: Ist)
menitindonesia, MAROS – Rencana Pemerintah Kabupaten Maros melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak untuk 16 Desa di Maros, yang akan dilaksanakan pada 17 Nopember 2022 mendatang, diminta agar dilaksanakan secara tertib dan aman.
Ketua DPRD Maros, mengatakan, agenda Pilkades  untuk 16 Desa  yang rencana pelaksanaannya pada tahun ini, mesti dilaksanakan dengan berintegritas, spotif dan transparan, terutama oleh panitia pemilihan di Pilkades nanti.
“Dibutuhkan integritas serta transparansi dari Panitia Pemilihan Pilkades di Kabupaten Maros, terutama yang ada di Desa dan di Kabupaten dalam mengantisipasi pasca konflik-konflik yang nantinya bisa terjadi,” kata HA Patarai Amir.
Dia juga meminta agar Bupati Maros melakukan koordinasi dengan Kepala Polres dan Komandan Kodim 1422, mengingat Polres dan Kodim, kata dia, memiliki perangkat aparat hingga ke tingkat desa.
“Karena pelaksanaannya sudah hampir, yakni bulan Nopember nanti, kita harapkan Pemkab melakukan koordinasi dengan Forkopimda, terutama dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim, karena mereka memiliki aparat sampai ke desa-desa,” ujarnya.
Patarai Amir juga menekankan pelaksanaan Pilkades untuk 16 Desa di Maros tahun ini harus berjalan tertib dan aman serta menjadi contoh dalam pelaksanaan Pilkades berikutnya, sehingga yang harus dibentuk terlebih dahulu menyiapkan panitia yang beritegritas, karena di Pilkades tidak ada Bawaslu yang melakukan pengawasan seperti layaknya Pilkada.
“Sukses tidaknya Pilkades serentak nanti ada di pundak panitia, karena Pilkades tidak punya Bawaslu seperti yang ada di Pilkada. Karena kewenangan panitia sangat besar, maka dibutuhkan integritas dan transparansi,” pungkasnya. (roma)