Sebulan Buron, Garong Motor yang Beraksi di Sinjai Dicokok di Jeneponto

menitindonesia, SINJAI – Sebuah rumah di Dusun Mallasoro, Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto dikepung beberapa pria menenteng senjata yang merupakan tim gabungan Satreskrim Polres Sinjai diback up Panit 3 Resmob Polda Sulsel dipimipin Ipda Arkam didampingi Kanit Resmob Sinjai, Bribka Andi Mapparumpa.
Dari balik pintu rumah itu keluarlah seorang pria dengan tangan terikat dalam kawalan tim gabungan, selanjutnya pria itu menyebutkan identitasnya bernama Paskal. Kepada polisi juga Paskal mengakui jika dirinya sampai berurusan polisi akibat perbuatannya tengah melakukan pencurian motor di Kabupaten Sinjai.
Selain itu Paskal juga menyebutkan keterlibatan rekannya bernama Yaldi. Tanpa menunggu lama tim gabungan menggiring Paskal dalam pengembangan untuk menunjukkan persembunyian rekannya. Alhasil. Pria bernama Yaldi pun tanpa perlawanan langsung dicokok.
“Dari tangan keduanya kami mengamankan barang bukti hasil kejahatan keduanya berupa 1 unit motor yang digasak di Sinjai, 2 Unit motor yang digasak di Bulukumba, 2 unit ponsel yang digasak di Sinjai dan 1 unit mesin cuci mobil yang digasak di Sinjai,” beber Panit 3 Resmob Polda Sulsel, Ipda Arkam, Minggu (14/1/2024).
Perwira satu balok di pundaknya itu melanjutkan, pengungkapan kasus pencurian motor dilakukan kedua pelaku bermula dengan adanya laporan warga mengaku jika motor dan uangnya raib digondol garong.
“Jadi korban ini memarkir motornya saat hendak melaksanakan salat subuh, usai salat korban kemudian keparkiran. Dan tidak menemukan motornya. Tak hanya motor saja. Namun dompet berisi uang Rp4,3 juta milik korban juga raib diatas meja. Itu diketahui korban juga saat istri dan anaknya menyampaikannya. Kuat dugaan korban jika motornya digondol garong sehingga melapor di Polres Sinjai. Dari kejadian itu korban mengalami kerugian senilai Rp15 juta,” jelas Ipda Arkam.
Laporan korban terigestrasi dengan nomor polisi LP-B / 292 / XII / 2023 / SPKT / RES SINJAI, tanggal 08 Desember 2023, selanjutnya Unit Resmob Polres Sinjai diturunkan melakukan penyelidikan.
“Setelah terkuak hasil penyelidikan jika pelaku berhasil teridentifikasi identitas dan persembunyiannya, selanjutnya tim Resmob Sinjai berkoordinasi ke kami untuk minta diback up dalam penangkapan pelaku. Hasilnya dua pelaku dibekuk di lokasi berbeda. Kini kedua pelaku dan barang buktinya kami serahkan penanganannya ke Polres Sinjai untuk diproses hukum lebih lanjut,” Panit 3 Resmob Polda Sulsel, Ipda Arkam menandaskan. (Sak)