GP Ansor Maros Gelar PKD, Abrar Rahman: Ansor Ingin Lahirkan Kader Berideologi NU

Ketua GP Anshor Kabupaten Maros, Abrar Rahman, memberikan sambutan pada peserta PKD. (Foto: indra_menit)
menitindonesia, MAROS– Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Angkatan I di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Maccopa, Kecamatan Turikale, Kabupaten Maros, Jumat (19/2/2021).
Kegiatan ini juga dihadiri Ketua PCNU Maros Drs KH. Ibnu Hajar Arief, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maros H. Muhammad Tonang, dan Wakil Bupati Terpilih Kabupaten Maros, Hj. Suhartina Bohari, serta tokoh masyarakat dan Alim Ulama.
Ketua Panitia Abustan mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 19-21 Februari 2021 dengan standar protokol kesehatan covid 19 yang ketat dan dibuka secara langsung oleh Ketua PW GP Ansor Maros, Rusdi Idrus.
Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros, Abrar Rahman, dalam sambutannya mengharapkan kader-kader baru yang lahir pasca PKD ini adalah kader yang siap mengawal dan menjadi dinamisator organisasi Ansor di tingkat pimpinan anak cabang hingga pimpinan ranting.
Lanjut Abrar mengatakan, banyak hal yang harus diketahui oleh peserta sebelum dinyatakan sah menjadi kader Ansor, terutama masalah keorganisasian dan ideologi ahlussunnah wal jamaah.
“Selama pelatihan para peserta diberikan pemahaman untuk meraih kompetensi pelatihan yakni memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, ke Indonesian dan kebangsaan,” ujar Abrar.
Selain itu, lanjut dia, ada juga materi tentang ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, amaliyah dan tradisi keagamaan di Nahdlatul Ulama, manajemen keorganisasian hingga kewirausahaan.
Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, PKD Angkatan I PC GP Ansor Maros ini diikuti oleh 70 peserta perwakilan dari masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Se Kab. Maros tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes),” tegasnya. (Indra Sadli Pratama)