Gelar Sosialisasi Pembinaan Keluarga Sejahtera, Ulfiah Chaidir: Sekarang TP-PKK Adalah Mitra Pemerintah

Ketua TP PKK Hj Ulfiah Chaidir saat menghadiri acara sosialisasi TP-PKK. (Foto: ist)
menitindonesia, MAROS – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Maros, Hj Ulfiah Chaidir Syam, menghadiri acara sosialisasi pembinaan kesejahteraan keluarga tingkat kecamatan Simbang, di Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang, Selasa (21/9/2021).
Kegiatan yang bertemua “Meningkatkan Mutu Kader PKK Yang Kreatif, Profesional dan Semakin Sejahtera” juga dihadiri oleh Camat Simbang, Muhammad Aris S.Sos, M.Si, Kades Jenetaesa, Abdul Latif, Ketua Tim Penggerak PKK Kec Simbang, Ny. Hj Hasmah Aris, S.IP, Sekertaris Tim penggerak PKK Kab Maros, Fitriani S.Pd.
Hj Ulfiah Chaidir dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada para ibu-ibu PKK tingkat Kecamatan Simbang yang telah menyempatkan waktunya mengikuti kegiatan sosialisasi pembinaan kesejahteraan keluarga.
“Sebagai penyuluh dan penggerak keluarga, PKK berperan penting dalam peningkatan kesejahteraan. Untuk itu PKK bisa hadir sebagai pendamping masyarakat terutama dalam peningkatan kesehatan dan pemberdayaan serta berharap ada sinergi antara kegiatan TP PKK dan kegiatan pemerintah melalui OPD,” kata Ulfiah.
Selain itu, dia juga mengajak kerja sama yang berkaitan program bersama OPD untuk mendukung gerakan PKK di Kabupaten Maros.
Lebih lanjut, Ulfiah mengatakan, dulu PKK diatur oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri, sehingga agak sulit mengajak OPD berkerja sama. Beda dengan sekarang, ujar Ulfiah, PKK Sudah diatur Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 dan Permendagri nomor 36 tahun 2020 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga.
“Dengan adanya regulasi itu, TP-PKK merupakan mitra Pemerintah dan Organisasi kemasyarakatan yang mempunyai peran untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berdaya, sejahtera, maju, mandiri dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuh kembangkan potensi peran perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, serta melaksanakan 10 Program pokok PKK,” jelasnya.
Ulfiah berharap, semua pihak mau bekerjasama meningkatkan peran TP-PKK Kabupaten Maros agar program Dasawisma tetap berkelanjutan.
“Kami berharap dan mengajak semua elemen yang ada agar bisa mendorong peran TP-PKK Maros mewujudkan program Dasawisma, merangkul UKM, Pengrajin tangan, yang dapat membantu pemerintah setempat dalam pembangunan daerah,” pungkasnya. (andi esse)


TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini