Para Pembalap Dunia MotoGP ‘Geber’ Motornya dari Jalan Medan Merdeka Hingga Bundaran HI

Mar Marcues saat atrkasi burn out di depan warga Jakarta. (Foto: Ist)
menitindonesia, JAKARTA – Warga Jakarta, dikagetkan dengan kedatangan pembalap MotoGP dunia, yang tiba-tiba melintas di jalan, dari Jalan Merdeka Utara hingga Budaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022).
Ada eks juara dunia, Marc Marquez, Pol Espargaro, Joan Mir, Johann Zarco, sampai Andrea Dovizioso. Wara berjejer di sepanjang jalan, mengabadikan langsung para pembalap Moto G dunia itu dengan camera telepon genggam
“Wah itu Marques, nah itu Johan Zarco, wow Andre Dovioso,” kata Wawan Casper, salah satu warga Jakarta yang menyaksikan iring-iringan MotoGP dari Istana ke kawasan Thamrin.
saat diminta keterangan, Wawan mengatakan selama ini hanya melihat pembalap dunia tersebut di layar televisi. Itu pun saat mereka balapan di sirkuit.
“Hari ini, mereka melintas di jalan raya Jakarta, berkendara pelan-pelan, dengan kostum balapnya. Ada Marc Marquez, pernah juara dunia berkali-kali mengalahkan Rozzy. Bahkan Marc atraksi burn out di depan kami saat melintas. Ini sangat menyenangkan,” ucap Wawan.
Data dari Dorna, penyelenggara MotoGP pada 2020, seperti dikutip Kompas, setiap seri MotoGP ditonton di 432 juta rumah di lebih dari 200 negara.
MotoGP juga menjangkau 30 juta penggemar melalui media sosial serta platform digital dengan 12,2 miliar impresi, 3 miliar penonton video, dan 2,5 miliar menit menonton.
MotoGP juga dikuti oleh 13,9 juta penggemar di Facebook, 10,2 juta di Instagram, 2,7 juta di Twitter, 3,7 juta pelanggan di Youtube, dan 465.000 pengikut di Tiktok.
Diketahui, Jumat 18-20 Maret para jagoan balap motor dunia ini, akan berlomba mengejar point untuk menjadi jawara di sirkuit Mandalika, Lombak. Lomba tingkat internasional ini, untuk pertama kalinya di gelar di Indonesia. (itho)